Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa pemerintah sudah menyalurkan Rp18 triliun lebih Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

“Dana desa untuk BLT yang sudah tersalur mencapai Rp18 triliun lebih. Ini merupakan salah satu kegiatan pendukung resiliensi ekonomi desa melalui BLT Dana Desa,” katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan bahwa pemerintah sudah menyalurkan Rp18,1 triliun kepada 8.001.512 keluarga penerima manfaat (KPM) di perdesaan dan berharap bantuan tersebut bisa meningkatkan daya beli warga dan menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi desa.

Selain disalurkan kepada warga dalam bentuk BLT, semasa pandemi Dana Desa juga digunakan untuk menjalankan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD), yang memberikan peluang kerja bagi warga desa.

Budi mengatakan bahwa pandemi COVID-19 dampaknya luas. Masyarakat di perdesaan pun ikut merasakan dampaknya.

"Maka sesuai arahan Presiden, Dana Desa dialokasikan untuk tiga hal yakni BLT, PKTD, dan berbagai program sosial untuk mendukung jaring pengaman sosial bagi masyarakat perdesaan," katanya.

Ia menjelaskan pula bahwa persentase Dana Desa yang masuk ke Rekening Kas Desa (RKDes) pada 2020 sampai 24 Oktober tercatat 80,87 persen, lebih tinggi daripada persentase Dana Desa yang masuk ke RKDes pada kurun yang sama tahun 2019 yang tercatat 61,54 persen.

“Ada perbandingan year on year, tahun 2019 dengan tahun 2020. Per 24 Oktober, kita bisa lihat, Dana Desa yang cair ke rekening desa itu sudah mencakup 80,87 persen, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya,” katanya.

Baca juga:
Mendes PDTT: BLT Dana Desa telah tersalur 100 persen
Mendes nilai PKTD, Desa Aman COVID-19 dan BLT DD sudah sangat optimal

Pewarta: Katriana
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020