Jika pesanan tidak sampai tepat waktu, ongkos kirim akan otomatis dikembalikan
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan layanan belanja daring, Tokopedia memastikan barang pesanan pelanggan tepat waktu sesuai dengan durasi pengiriman yang dipilih, melalui fitur "Jaminan Tepat Waktu".

“Jika pesanan tidak sampai tepat waktu, ongkos kirim akan otomatis dikembalikan 100 persen ke saldo Tokopedia pembeli. Pengembalian ongkos kirim paling lama lima hari kerja,” kata AVP of Logistics Tokopedia, Edwin Mailoa, melalui keterangannya, Kamis.

“Fitur ini berlaku untuk pembelian produk dengan menggunakan semua metode pembayaran dan untuk layanan pengiriman Instant, Same Day dan Next Day yang kami rekomendasikan,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Penjualan perabot rumah di Tokopedia meningkat

Baca juga: Porsche rambah penjualan daring di Tokopedia


Pembeli yang memilih layanan pengiriman tersebut bisa mendapatkan "Jaminan Tepat Waktu". Edwin mengatakan bahwa jutaan pesanan di Tokopedia telah menggunakan jaminan ini setiap bulannya.

Durasi pengiriman dihitung sejak penjual melakukan serah terima barang kepada mitra kurir hingga paket tiba di tujuan. Batas waktu pengiriman tergantung pada layanan dan rute kurir yang dipilih.

Saat ini, Tokopedia sendiri telah berkolaborasi dengan 13 mitra logistik dan menjangkau lebih dari 98 persen kecamatan di Indonesia.

“Fitur ‘Jaminan Tepat Waktu’ adalah wujud komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam mempermudah masyarakat mendapatkan kenyamanan lebih, termasuk mendapatkan barang pesanan tepat waktu,” kata Edwin.

Paket yang dikirim, di sisi lain, akan dijaga kebersihannya oleh seluruh mitra logistik Tokopedia. Salah satunya dengan menyemprotkan disinfektan ke semua paket dan area sortir.

Setiap gerai logistik pun dilengkapi dengan cairan antiseptik. Saat mengantar paket, kurir dilengkapi masker dan sarung tangan. Pengecekan suhu tubuh kurir juga dilakukan secara berkala.

Baca juga: Produk digital terlaris di "warung" Mitra Tokopedia

Baca juga: Kiat dekorasi rumah nyaman untuk "WFH"

Baca juga: Kominfo dorong UMKM jualan online

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020