Jadi kawasan sungai yang bersih dan dilengkapi taman bermain ini bisa jadi sebuah destinasi bagi masyarakat di sana untuk bisa berwisata
Padang, (ANTARA) - Bank BRI melakukan kegiatan tanggung jawab sosial (CSR) kepada masyarakat dengan melakukan kegiatan bersih-bersih kawasan sungai serentak di 19 kantor wilayah di seluruh Indonesia dengan jangka waktu pelaksanaan program 1 tahun.

"Khusus Kanwil BRI Padang kami melakukan konservasi sungai di kawasan sungai Banda Purus V yang berada di pusat Kota Padang, melewati kawasan padat penduduk dengan permasalahan utama yaitu pendangkalan sungai akibat sedimentasi yang tinggi, banyaknya sampah, warna air yang hitam dan berbau," kata Pimpinan Wilayah BRI Padang Wahju Hidajat yang didampingi oleh Wakil Pimpinan Wilayah Operasional Ismael di Padang, Kamis.

Ia mengatakan ada dua skema kegiatan konservasi kawasan sungai yaitu bersih-bersih sungai dan mengubah sampah jadi duit. Untuk skema pertama diawali dengan kegiatan normalisasi sungai atau pembersihan, perbaikan dinding sungai, dan pengerukan sungai secara berkala, serta pembangunan fasilitas taman bermain.

Baca juga: BRI salurkan 5.000 kacamata untuk pelajar di Indonesia

"Jadi kawasan sungai yang bersih dan dilengkapi taman bermain ini bisa jadi sebuah destinasi bagi masyarakat di sana untuk bisa berwisata, sehingga dari sebelumnya menjadi lokasi yang dihindari orang untuk berjalan, sekarang malah orang akan senang berjalan ke sana, dan bisa juga menjadi sarana berfoto bagi masyarakat yang melewati lokasi tersebut," ungkapnya.

Kemudian, lanjutnya, taman bermain ini juga akan dilengkapi dengan sarana kesehatan berupa tempat pejalan kaki yang bisa refleksi kaki jadi orang tua di sekitar sana bisa memanfaatkan sehingga ini jadi sisi tambahan yang akan bermanfaat bagi warga sekitar.

Baca juga: Bantu pedagang, transaksi Web Pasar BRI di Bali tembus Rp153 juta

Bank BRI juga memberikan bantuan mesin pengolah sampah plastik yang diikuti dengan pelatihan untuk mengolah sampah rumah tangga sehingga memiliki nilai ekonomis.

"Kami memberikan mesin pencacah plastik dan sudah kita sosialisasikan juga pada masyarakat dengan menggaet pihak yang sudah berpengalaman. Kami bekerja sama dengan Bank sampah yang sudah berpengalaman dan juga memberikan sosialisasi sehingga nanti masyarakat terbiasa melakukan, mencari, atau mengambil sampah-sampah yang bisa dimanfaatkan untuk langsung diolah dan akan dijual oleh pengelola sampah sehingga mereka dapat tambahan penghasilan," jelasnya.

Dengan adanya program konservasi sungai ini, ia berharap terciptanya kawasan yang bersih, indah dan sehat sekaligus meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat sekitar aliran sungai.

Baca juga: Dukung PEN, BRI telah salurkan KUR Super Mikro Rp5,2 triliun

 

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020