Pangdam Siliwangi resmikan Barak Siaga VVIP untuk pengamanan Presiden

id Korem 061/Suryakancana,Pemkot Bogor,Barak Siaga,istana bogor

Pangdam Siliwangi resmikan Barak Siaga VVIP untuk pengamanan Presiden

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto (paling kiri) bertepuk tangan bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, Danrem 061/Suryakancana, dan Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, usai menandatanganan prasasti, pada peresmian Barak Siaga VVIP Pengamanan Presiden, di Kota Bogor, Kamis (5/11/2020). ANTARA/Riza Harahap.

Bogor (ANTARA) - Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto meresmikan Barak Siaga VVIP Korem 061/Suryakancana untuk pengamanan Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor, Kota Bogor, Kamis.

Barak Siaga VVIP tipe 325 itu berlokasi di Jalan Jalak Harupat Gang Kelor, yakni hanya sekitar 500 meter dari pagar Istana Bogor. Biaya pembangunan barak beserta lapangan apel paving block dan sarana pendukungnya, merupakan bantuan dari Pemerintah Kota Bogor sebesar Rp1,8 miliar.

Baca juga: Presiden Jokowi sambut kedatangan PM Jepang di Istana Bogor

Baca juga: Presiden undang pekerja informal ke Istana Bogor untuk diberi modal

Pada kesempatan tersebut, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi, mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

"Wali Kota Bogor telah memberikan dukungan dan bantuan untuk pembangunan Barak Siaga Pengamanan VVIP di wilayah Kota Bogor, berupa pembangunan satu unit Barak Siaga tipe 325," kata Nugroho.

Menurut Nugrono, adanya Barak Siaga VVIP tersebut maka memudahkan tugas-tugas yang dijalani Korem 061/Suryakancana, yang juga melaksanakan tugas rutin dan teritorial di wilayah Bogor, Sukabumi, dan Cianjur.

Selain tugas rutin dan teritorial wilayah, kata dia, Korem 061/Suryakancana juga melaksanakan pengamanan VVIP, khususnya mengamankan RI-1 beserta keluarganya di Istana Bogor serta tamu negara yang berkunjung dan pejabat negara.

Selama ini, kata dia, prajurit yang melaksanakan pengamanan VVIP dan Istana Bogor, menempati barak yang kurang layak. "Dengan selesainya pembangunan Barak Siaga VVIP ini, diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan operasional satuan yang bertugas," katanya.

Menurut dia, Barak Siaga VVIP itu bisa ditempati oleh 64 personel atau serata dua pleton. "Kalau di tempat pendidikan TNI, untuk satu personil dilengkapi satu tempat tidur, satu lemari, dan satu rak handuk. Idealnya seperti ini," katanya.

Keberadaan Barak Siaga VVIP ini, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan moral prajurit dalam melaksanakan tugas pengamanan.

 Baca juga: Gowes ditemani Kaesang, Presiden bagikan masker di area Istana Bogor

Baca juga: Presiden Jokowi shalat Jumat di Masjid Istana Bogor


 

Pewarta : Riza Harahap
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar