Kasal: Semangat ASEAN prinsip dasar kerja sama Indo Pasifik

id Kasal, laksamana yudo margono, kepala staf tni al, asean, tni al

Kasal: Semangat ASEAN prinsip dasar kerja sama Indo Pasifik

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM. ANTARA/HO-Dok Dispen AL.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono SE MM semangat sentralitas ASEAN harus menjadi prinsip yang mendasari kerja sama di wilayah Indo Pasifik, khususnya pada aspek keamanan maritim dan kerja sama Angkatan Laut.

"Kita harus bergerak dengan mengutamakan semangat sentralitas Asean sebagai prinsip yang mendasari kerja sama di wilayah Indo-Pasifik, khususnya pada aspek keamanan maritim dan kerja sama Angkatan Laut," kata Kasal dalam pernyataannya di Jakarta, Kamis.

Hal tersebut disampaikan Kasal dalam sambutannya pada kegiatan "14 ASEAN Navy Chiefs’ Meeting (ANCM)" secara virtual dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19, bertempat di Gedung Utama Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis.

Baca juga: Kadiskum AL: Kedaulatan hukum terwujud bila penegakan hukum baik

Kegiatan yang mengusung tema "Kerja Sama Angkatan Laut Guna Mewujudkan Kekompakan dan Kesiap-Siagaan Asean" tersebut diselenggarakan di Hanoi, Vietnam.

Angkatan Laut Vietnam menjadi tuan rumah "14 ASEAN Navy Chiefs’ Meeting tahun 2020" dipimpin langsung Panglima Angkatan Laut Vietnam Laksamana Tran Thanh Nghiem, serta juga diikuti oleh Kepala Staf Angkatan Laut di negara-negara ASEAN.

Dalam sambutannya, Kasal mengatakan bahwa melalui mekanisme ASEAN dapat mengembangkan kerja sama yang lebih luas dengan mekanisme wilayah maupun sub-wilayah lainnya di wilayah Asia Pasifik dan Samudera Hindia.

Hal ini, kata dia, dilakukan untuk keamanan dan stabilitas wilayah dengan menjaga prinsip dasar ASEAN yang terdiri dari sentralitas, saling percaya dan saling menghormati, non-intervensi, pengambilan keputusan berdasarkan konsensus, ketahanan wilayah serta menghormati kedaulatan nasional masing-masing negara.

Baca juga: Menteri Edhy bertemu Kasal, perkokoh penjagaan kekayaan laut nasional

"Saya memiliki keyakinan pada masa depan kemajuan dan kemakmuran wilayah kita di bawah kerangka kerja dan semangat Asean. Atas dasar itu, TNI Angkatan Laut menyambut hangat niat serta inisiatif untuk berkoordinasi, kerja sama, dan kolaborasi dalam upaya membangun kepercayaan guna upaya bersama dalam keamanan maritim yang merupakan aktualisasi dari komitmen kami terhadap perdamaian dan stabilitas wilayah”, ungkap Kasal.

Lebih lanjut, Yudo menjelaskan beberapa topik yang dibahas diantaranya meningkatkan kerja sama Angkatan Laut di wilayah dalam kerangka kerja ASEAN, memperkuat kewaspadaan Domain Maritim melalui mekanisme kerja sama pertukaran informasi dan Angkatan Laut negara-negara juga perlu merumuskan cara untuk mengoptimalkan Asean Maritime Naval Exercise (Amnex).

Turut mendampingi Kasal dalam kegiatan tersebut, antara lain Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal Laksda TNI Muhammad Ali, SE, MM, Kepala Dinas Pengamanan Sandi Angkatan Laut (Kadispamsanal) Laksma TNI Wisnu Sumarto, ST, M.Si (Han), Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksma TNI Dr. Diki Atriana, M.Sc, CHRMP, Paban I Srenal, Paban IV Sintel dan Paban V Sopsal.

Baca juga: KSAL: SDM Marinir perlu perhatian khusus

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar