Setelah pulang, BN mengeluhkan batuk dan pilek. Kemudian dilakukan dua kali tes usap dengan hasil positif COVID-19
Anambas, Kepri (ANTARA) - Satgas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mencatat kasus pertama COVID-19 setelah seorang aparatur sipil negara (ASN), pria berinisial BN (37) dinyatakan positif berdasarkan dua kali tes usap.

"BN saat ini melakukan isolasi mandiri di RSUD Tarempa," kata Ketua Harian Satgas COVID-19 Anambas, Sahtiar, di Anambas, Jumat (6/11).

Ia menjelaskan kronologi BN positif COVID-19 berawal saat yang bersangkutan dan 10 anggota Satpol PP melakukan perjalanan dDinas dari Tarempa (Anambas) ke Ranai (Natuna) menggunakan KM. Bukit Raya, persisnya pada tanggal 25 Oktober 2020.

Kemudian, pada tanggal 1 November 2020 BN menjenguk saudara perempuannya melahirkan di RSUD Natuna sekira pukul 13.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

BN bersama 10 anggota Satpol PP tersebut kembali lagi dari Ranai ke Tarempa pada tanggal 2 November 2020 menggunakan KM. Bukit Raya.

"Setelah pulang, BN mengeluhkan batuk dan pilek. Kemudian dilakukan dua kali tes usap dengan hasil positif COVID-19," katanya.

Ia mengatakan tim satgas sudah melakukan penelusuran kontak terhadap BN dan keluarga. BN memiliki istri berinisial YI (38), anak perempuan berinisial ZR (8) dan ibu mertua bernisial A (58).

Pada tanggal 4 November 2020 sekitar pukul 22.15 WIB, telah dilakukan tes usap pertama untuk terhadap keluarga BN dan hasilnya negatif. Lalu, tanggal 5 November 2020 kembali dilakukan tes usap kedua dan masih menunggu hasilnya. "Keluarga BN, yakni istri, anak dan mertua melakukan isolasi mandiri di rumah," katanya.

Satgas mengimbau bagi yang pernah kontak dengan BN agar segera melaporkan ke Tim Surveilans Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana yakni dengan kontak R. Ema di nomor telepon 0822-84547278.

Pihaknya turut meminta masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan memakai masker, mencuci tangan, menghindari keramaian dan menjaga jarak, demikian Sahtiar.

Baca juga: Ada pekerja migas di Anambas-Kepri positif COVID-19, sebut Dinkes

Baca juga: Tiga karyawan lokal migas di Anambas positif COVID-19

Baca juga: 53 pekerja perusahaan migas di Anambas positif COVID-19

Baca juga: 22 ABK Kapal Vietnam tes cepat COVID-19


 

Pewarta: Ogen
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020