BRI berdayakan ekonomi masyarakat Banyumas melalui budi daya durian

id bibit durian,bank rakyat indonesia,benih baik,banyumas

BRI berdayakan ekonomi masyarakat Banyumas melalui budi daya durian

Bupati Banyumas Achmad Husein (kiri) menunjukkan salah satu bibit pohon durian bantuan dari BRI dan BenihBaik.com. ANTARA/Sumarwoto.

Banyumas (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memberdayakan ekonomi masyarakat di Desa Tamansari, Cikidang, dan Rancamaya, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melalui pengembangan budi daya durian.

"BRI juga akan terus memberi dukungan terhadap pelestarian lingkungan hidup di Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangka mewujudkan lingkungan yang sehat, asri, dan berdaya saing untuk terus produktif," kata Regional Risk Management BRI Kantor Wilayah Yogyakarta Yudi Amiarno di Desa Tamansari, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Sabtu.

Yudi mengatakan hal itu saat memberi sambutan dalam acara penyerahan bantuan 4.320 bibit pohon durian kepada masyarakat Desa Tamansari, Kecamatan Karanglewas, serta Desa Cikidang dan Rancamaya, Kecamatan Cilongok, Banyumas, yang dipusatkan di Gedung Olahraga Desa Tamansari.

Menurut dia, pihaknya menggandeng salah satu platform daring, yakni BenihBaik.com dalam rangka kegiatan pemberdayaan ekonomi desa tersebut.

"Melalui tema yang diusung, yaitu Satu Keluarga Satu Pohon, BRI memberikan bantuan sebesar Rp750 juta dalam bentuk 4.320 bibit durian bawor yang merupakan khas Banyumas kepada masyarakat Desa Tamansari, Cikidang, dan Rancamaya, dengan rincian Desa Tamansari memperoleh 2.000 pohon, Desa Cikidang sebanyak 1.150 pohon, dan Desa Rancamaya sebanyak 1.170 pohon," katanya.

Ia mengatakan pemberian bibit pohon durian bawor tersebut dimaksudkan untuk menghidupkan ekonomi masyarakat desa dari hasil panen buah durian pada masa yang akan datang.

"BRI sangat memberikan perhatian terhadap lingkungan hidup dan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, sehingga kami mendukung untuk berkolaborasi dengan BenihBaik.com dalam bentuk pemberian bibit durian tadi," katanya.

Ia mengharapkan hal itu dapat memberikan dampak tidak hanya kepada pelestarian lingkungan, juga meningkatkan pendapatan dan ekonomi masyarakat.

Chief Executive Officer (CEO) BenihBaik.com Andy F Noya mengatakan jika sebenarnya penyaluran bantuan berupa bibit pohon durian itu ditujukan untuk tujuh desa, namun untuk sementara hanya tiga desa.

"Mudah-mudahan setelah tiga desa mendapatkan bantuan, maka berikutnya empat desa yang direncanakan juga bisa mendapatkan bantuan. Apakah itu dari BRI juga atau mungkin dari pihak lain tapi kita berharap empat desa berikutnya juga akan mendapatkan bantuan bibit karena bibit ini bagian dari gerakan satu pohon untuk satu warga," katanya.

Ia mengharapkan warga yang memperoleh bantuan bibit pohon durian tersebut nantinya akan mendapatkan tambahan penghasilan.

"Mudah-mudahan semua yang bergotong royong, bergandengan tangan satu sama yang lain, bisa bersama-sama saling mendukung agar kita semua bisa bangkit dari akibat pandemi COVID-19 ini," katanya.

Sementara itu, Bupati Banyumas Achmad Husein menyampaikan terima kasih kepada BRI dan BenihBaik.com yang telah memberikan bantuan berupa 4.320 bibit pohon durian.

"Bahkan, katanya nanti siap sampai 13.000 bibit pohon durian," kata Bupati.

Oleh karena itu, dia meminta warga yang menerima bantuan untuk senantiasa merawat dan menjaga bibit pohon durian tersebut agar bisa tumbuh hingga akhirnya berbuah.

Kendati demikian, dia mengatakan jika nantinya terjadi kelebihan produksi buah durian harus dipikirkan upaya-upaya diversifikasi, sehingga tidak hanya dijual dalam bentuk buah namun bisa dibuat produk lain seperti kue, dan es krim.

Baca juga: Kucuran kredit menjadikan Kusen tetap eksis di tengah pandemi

Baca juga: BRI bersih-bersih kawasan sungai serentak di 19 wilayah

Baca juga: BRI salurkan 5.000 kacamata untuk pelajar di Indonesia

 

Pewarta : Sumarwoto
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar