Presiden Xi ajak media China berorientasi global

id hari jurnalis China,wartawan China, media China,jurnalis China

Presiden Xi ajak media China berorientasi global

Ilustrasi - Kegiatan awak redaksi di kantor salah satu media di Kota Jinan, Provinsi Shandong, China. (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping mengajak media massa setempat berorientasi global dengan menginformasikan kemajuan nyata di negaranya.

"Kita harus meningkatkan komunikasi berorientasi global melalui konsep, domain, dan ekspresi baru yang bisa dipahami oleh masyarakat China dan dunia dengan menginformasikan fakta-fakta di negara kita agar didengar oleh seluruh dunia," demikian pesan tertulis Xi dalam peringatan Hari Jurnalis China yang beredar di media setempat, Senin.

Sekjen Partai Komunis China (CPC) itu juga menginstruksikan para jurnalis untuk mengomunikasikan gagasan dan kebijakan partai yang dipimpinnya itu kepada rakyatnya.

"Selalu mengikuti perubahan zaman, mendorong kemajuan sosial, dan menjunjung tinggi keadilan dan keadilan," ujarnya.

Xi juga meminta para pekerja bidang komunikasi publik harus belajar mengenai hal-hal baru, memperluas wawasan, meningkatkan keterampilan secara komprehensif, dan melakukan lebih banyak peliputan di lapangan.

"Mereka harus memiliki kemauan untuk turun ke akar rumput dan meningkatkan kemampuan mereka agar bisa mengamati dengan jelas, berpikir secara mendalam, dan menulis secara akurat," tulis Xi, mengingatkan para insan pers.

Ia juga menekankan pentingnya hasil revolusi informasi digunakan untuk membangun kerangka komunikasi semua media yang terintegrasi, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi.

Hari Jurnalis di China, yang jatuh setiap tanggal 8 November, diperingati secara sederhana.

Sejumlah wartawan di Shanghai memperingatinya dengan memotong kue di sela-sela meliput Pameran Ekspor-Impor Internasional (CIIE), Minggu (8/11). 

Baca juga: China sebut jurnalis Australia diduga bahayakan keamanan

Baca juga: Australia bela penggeledahan terhadap rumah jurnalis China

Baca juga: China peringatkan akan balas AS terkait kebijakan visa wartawan


 

Xinjiang intensifkan skrining COVID-19, perkuat pasokan makanan


Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar