Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo memimpin Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020, di TMP Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Selasa.

Pelaksanaan upacara dapat disaksikan langsung secara virtual melalui akun Youtube Sekretariat Presiden.

Berdasarkan pantauan, Kepala Negara tiba dan memasuki tempat upacara di TMP Kalibata sekitar pukul 08.08 WIB didampingi Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Baca juga: Penerima anugerah Pahlawan Nasional Raden Mattaher diwakili keluarga
Baca juga: Pemerintah akan anugerahkan pahlawan nasional pada tokoh Papua Barat
Baca juga: Sultan Baabullah berhasil usir Portugis hingga bawa kejayaan Ternate


Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, menyanyikan lagu mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga oleh Presiden selaku inspektur upacara, kemudian diakhiri dengan pembacaan doa dan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Upacara tersebut berlangsung khidmat selama sekitar 20 menit dan diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Seusai pelaksanaan upacara, Presiden bersama Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, diikuti pejabat tinggi negara yang hadir, Panglima TNI dan Kapolri melakukan tabur bunga dan mendoakan arwah para pahlawan salah satunya mendiang mantan Ketua MPR RI Taufiq Kiemas.
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020