Bertepatan dengan Hari Pahlawan ini kami ingin memberikan apresiasi dan motivasi bagi para peneliti, rekayasa dan masyarakat untuk terus menciptakan inovasi yang dapat berkontribusi membangun bangsa
Jakarta (ANTARA) - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro mengapresiasi dan memberikan motivasi bagi para peneliti dan perekayasa Indonesia untuk terus berinovasi bagi pembangunan dan kemajuan bangsa Indonesia dalam peringatan Hari Pahlawan.

"Bertepatan dengan Hari Pahlawan ini kami ingin memberikan apresiasi dan motivasi bagi para peneliti, rekayasa dan masyarakat untuk terus menciptakan inovasi yang dapat berkontribusi membangun bangsa," katanya dalam acara Peluncuran Inovasi Indonesia Expo 2020, Jakarta, di Selasa.

Dalam mengapresiasi para peneliti, masyarakat serta pemerintah yang berinovasi, Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) memberikan Anugerah Inovasi Indonesia dan Habibie Prize 2020.

Menristek mendukung para peneliti dan perekayasa untuk terus berkarya bagi peningkatan ekonomi, kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

"Kita bertekad untuk senantiasa meningkatkan kemampuan dan kinerja litbang jirap (penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan) inovasi agar dapat memberikan pengabdian lebih besar kepada masyarakat Indonesia," katanya.

Inovasi Indonesia Expo 2020 sebagai barometer kemajuan Indonesia dan mampu mendorong terciptanya kemandirian ekonomi berbasis inovasi.

Pameran yang diselenggarakan Kemenristek/BRIN itu menampilkan berbagai produk inovasi terbaik karya anak bangsa dengan balutan teknologi virtual bersama seluruh pemangku kepentingan inovasi Indonesia.

Pameran virtual inovasi dan teknologi akbar itu juga merupakan penutup dari rangkaian acara peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-25.

"Kegiatan expo ini menjadi bukti kepedulian kita semua sebagai komponen bangsa yang bertanggung jawab terhadap kemajuan dan kemandirian bangsa," kata  Bambang PS Brodjonegoro.

Pameran Inovasi Indonesia Expo 2020 mengangkat tema "Inovasi Indonesia sebagai Solusi".

Dengan mengusung konsep pengalaman visual tiga dimensi, pameran itu memudahkan para pengunjung untuk menjelajahi beragam produk riset dan inovasi Indonesia secara virtual.

Para pengunjung juga dapat dapat menghadiri pameran interaktif pada 10 hingga 13 November 2020, dan pameran statis pada 14 November hingga 10 Desember 2020.

Pameran tersebut terbuka untuk umum serta dapat diakses di laman https://inovasiindonesiaexpo.id/.

Baca juga: Wapres: Sumber dana riset besar, tetapi jumlah peneliti sedikit

Baca juga: Menristek umumkan 500 peneliti terbaik Indonesia versi Sinta

Baca juga: Lomba karya ilmiah diharapkan Menristek lahirkan peneliti unggul

Baca juga: Menristek : Penyederhanaan eselon dilakukan di kelompok peneliti

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020