Manokwari (ANTARA) - Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan bangga Raja Machmud Singgirei Rumagesan masuk dalam daftar pahlawan nasional.

Presiden Joko Widodo hari ini akan mengumumkan sekaligus memberikan anugerah gelar pahlawan kepada sejumlah nama, satu diantaranya Machmud Singgirai Rumagesan seorang tokoh yang pernah menjadi Raja di Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

"Kita patut berbangga Papua Barat punya tokoh besar dan hari ini pak Presiden akan menganugerahkan gelar sebagai pahlawan nasional," ucap Gubernur usai mengikuti upacara hari pahlawan secara virtual di Manokwari, Selasa.

Menurut Dominggus, Raja Machmud Rumagesan memiliki peran besar dalam melawan penjajah kala itu. Gerakan dan jerih payah yang dilakukan patut mendapat penghargaan dari negara.

Ia pun mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada pemerintah pusat atas penganugerahan gelar pahlawan tersebut.

"Ini juga harus menjadi teladan bagi kita, dulu pahlawan berjuang rela mati mengusir penjajah. Sekarang sudah merdeka mari kita isi dengan pembangunan," ucap gubernur.

Baca juga: DPR: Semangat juang pahlawan jadi inspirasi anak bangsa

Ketua DPRD Fakfak Siti Rahma Hegemur pada kesempatan terpisah mengatakan bahwa Machmud Singgirei Rumagesan seorang raja yang cukup berpengaruh kala itu.

"Tentu kami bangga, Alhamdulillah. orang tua kami bisa masuk dalam daftar pahlawan nasional," katanya.

Dia berharap, nama besar Raja Machmud Rumagesan diabadikan terutama di Fakfak. Para pemuda pun diharapkan meneladani nilai-nilai kepahlawanan dari tokoh besar Fakfak tersebut.

"Keluarganya masih ada, hari ini cucunya berangkat ke Jakarta mewakili keluarga untuk menerima penghargaan dari bapak Presiden di Istana Negara," katanya.

Baca juga: Pemerintah akan anugerahkan pahlawan nasional pada tokoh Papua Barat

Baca juga: Presiden Jokowi anugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh

Baca juga: Menteri Penerangan era Soekarno akan dianugerahi Pahlawan Nasional


 

Pewarta: Toyiban
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020