Jakarta (ANTARA) - PT Balai Pustaka (Persero) (BP) menggelar acara pembacaan puisi bertema 'Puisi Cinta untuk Indonesia' sambil mengumpulkan donasi, yang akan diberikan kepada para sastrawan yang terdampak pandemi Covid-19, dengan menggandeng Titimangsa Foundation serta sejumlah aktor dan aktris ternama di Tanah Air.

Direktur Utama PT Balai Pustaka Achmad Fachrodji menjelaskan bahwa acara ini sengaja diselenggarakan sebagai bentuk solidaritas dalam bentuk cinta dan kasih sayang kepada para penyair, seniman, atau sastrawan yang sudah dianggap sebagai saudara sendiri.

"Balai Pustaka itu identik dengan ibu peradaban. Makanya disini terkenal dengan istana peradaban bangsa. Karena itu kita mengambil peran sebagai ibu," kata pria yang akrab disapa Oji ini dalam sambutan acara tersebut, Selasa.

Dia juga mengapresiasi karya-karya puisi yang dibacakan oleh para bintang tamu, antara lain seperti 'Apa Ada Angin di Jakarta' karya Umbu Landu Paranggi yang dibacakan oleh Slamet Rahardjo, dan 'Ibu' karangan D. Zawawi Imron yang dibacakan oleh Christine Hakim.

"Mengenang sosok ibu, saya seperti ingin berkaca-kaca karena beliau berhasil merawat saya dari kecil, hingga saya menjabat direktur utama BUMN ini," ujar Oji.

Sejumlah aktor dan aktris kenamaan yang turut meramaikan program ini yakni seperti Iqbaal Ramadhan, Reza Rahardian, Vino G. Bastian, Marsha Timothy, Happy Salma, Butet Kartaredjasa hingga penyair Taufiq Ismail.

Acara ini disponsori oleh Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTN, PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Asuransi Kredit Indonesia (ASKRINDO), PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero), dan Pelindo III.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para sponsor. Saya meyakini bahwa kerjasama ini pasti akan membantu para sastrawan melewati masa pandemi," tutur dia.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020