Lima perwakilan Riau batal ke MTQ XXVIII akibat positif COVID-19

id MTQ XXVIII,kafilah MTQ riau,covid riau

Lima perwakilan Riau batal ke MTQ XXVIII akibat positif COVID-19

Gubernur Riau Syamsuar (kanan) melepas kafilah Riau untuk mengikuti MTQ Nasional ke-XXVIII Sumatera Barat, di Kota Pekanbaru, Rabu (11/11/2020). (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak lima orang perwakilan dari kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Riau batal berangkat ke Padang, Provinsi Sumatera Barat, untuk mengikuti MTQ ke-XXVIII tingkat nasional, akibat terkonfirmasi positif COVID-19.

"Ada lima orang yang tidak ikut berangkat mengikuti acara MTQ tingkat nasional yang berlangsung di Padang, Sumatera Barat, karena berdasarkan hasil swab test (uji usap) mereka positif COVID-19, diantaranya yaitu satu orang peserta dan empat orang pelatih," kata Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting, yang juga ketua rombongan Kafilah MTQ Provinsi Riau, dalam pernyataan pers di Pekanbaru, Rabu.

Ia menjelaskan jumlah peserta dari Riau yang mengikuti MTQ ke-XXVIII tingkat Nasional tahun 2020 berjumlah 54 orang. Selain itu, ada juga pelatih 10 orang dan dua pendamping. Seluruh peserta sebelumnya menjalani tes usap yang merupakan ketentuan panitia untuk bisa mengikuti ajang tingkat nasional itu.

Baca juga: Lamongan kirim 6 Kafilah ikuti MTQ Nasional ke-28 di Sumbar

Baca juga: Padang gelar pameran 1.000 bonsai meriahkan MTQ Nasional

Namun, karena ada sejumlah peserta yang terinfeksi Virus Corona, maka peserta yang akan mewakili Riau berkurang lima orang. Menurut dia, kelimanya kini menjalani perawatan karantina di Balai Diklat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Riau, yang digunakan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 di Kota Pekanbaru.

“Kelimanya sekarang ini menjalani karantina,” katanya.

Sedangkan, bagi peserta kafilah lainnya sudah berangkat ke Padang, dan pelepasan keberangkatan mereka telah berlangsung di Lobi Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Kota Pekanbaru, pada Rabu pagi.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Riau, hingga Rabu siang jumlah kasus akumulatif COVID-19 di Riau mencapai 15.757. Dari jumlah tersebut sebanyak 13.330 sudah sembuh, dan kasus kematian ada 366 orang.

Pasien yang masih menjalani perawatan di rumah sakit ada 624 orang, sedangkan yang isolasi mandiri ada 1.437 orang.*

Baca juga: Sumbar siapkan randang senilai Rp1,5 miliar buah tangan peserta MTQ

Baca juga: Komunitas seni dan film semarakkan pra-MTQ Nasional XXVIII di Sumbar


Pewarta : FB Anggoro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar