Banda Aceh (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Aceh menyatakan 1.240 warga terinfeksi virus corona di provinsi setempat masih menjalani perawatan di rumah sakit rujukan atau isolasi secara mandiri.

"Jumlah kasus aktif COVID-19 di Aceh saat ini sebanyak 1.240 orang dari seluruh kasus akumulatif yang mencapai 7.797 orang," kata Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Kamis.

Dia menjelaskan, per hari ini terdapat penambahan 27 kasus baru infeksi virus corona, meliputi enam orang warga Aceh Tengah, masing-masing empat orang warga Aceh Selatan, Aceh Besar dan Pidie.

Selanjutnya, dua orang warga Banda Aceh dan Aceh Jaya, serta sama-sama satu orang warga Langsa, Aceh Tamiang, Bireuen, Simeulue dan Aceh Utara.

"Kasus aktif merupakan kasus konfirmasi positif COVID-19 yang masih dirawat, baik dengan isolasi mandiri, isolasi di tempat khusus, maupun penderita simtomatik atau bergejala yang dirawat di rumah sakit," katanya.

Baca juga: Aceh keluar dari zona merah penyebaran COVID-19

Selain itu, Jubir yang akrab disapa SAG itu juga menyampaikan penambahan pasien sembuh 19 orang, diantaranya warga Subulussalam 10 orang, Aceh Jaya enam orang, Nagan Raya dua orang dan satu warga lainnya asal Sabang.

"Sedangkan penderita COVID-19 di Aceh yang meninggal dunia bertambah satu orang dalam 24 jam terakhir, yaitu warga asal Banda Aceh," katanya, menjelaskan.

Dia menambahkan, kasus aktif COVID-19 bisa terus berkurang atau bertambah lagi tergantung dari dinamika kasus harian, sehingga warga diminta terus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

"Kasus aktif akan berkurang apabila kasus konfirmasi baru lebih rendah daripada jumlah penderita yang sembuh atau meninggal dunia," kata SAG.

Secara kumulatif kasus COVID-19 Aceh telah mencapai sebanyak 7.797 orang, diantaranya 1.240 orang sedang dalam perawatan, yang sudah sembuh 6.265 orang dan meninggal dunia 292 orang.

Baca juga: Aceh Tengah miliki laboratorium uji swab COVID-19
Baca juga: Warga Aceh sembuh dari COVID-19 capai 6.000 orang lebih

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020