Dengan kemampuan memanfaatkan teknologi yang tinggi, milenial adalah 'thought and opinion leaders'
Jakarta (ANTARA) - Iconomics memberikan penghargaan Financial Award 2020 (Millennials’ Choice) kepada pelaku Industri jasa keuangan di Indonesia dengan melibatkan generasi muda atau milenial.

Director of Research The Iconomics Alex Mulya di Jakarta, Jumat mengatakan peran industri jasa keuangan telah banyak menjadi sorotan kaum milenial.

Baca juga: OJK: Stabilitas sektor jasa keuangan terjaga

Milenial, tambahnya, merupakan kelompok usia yang memiliki akses terbaik terhadap informasi dan merupakan kelompok paling kritis terhadap perilaku bisnis dan politik.

Dengan kemampuan memanfaatkan teknologi yang tinggi, milenial adalah thought and opinion leaders.

"Secara umum, semua perusahaan yang bergerak di industri ini telah bertatap muka dengan milenial, telah meninggalkan persepsi, dan bahkan menjadi bagian yang integral dalam kehidupan milenial," katanya melalui keterangan tertulis.

Dikatakannya, Iconomics Research menggunakan lima pendekatan dalam memilih perusahaan jasa keuangan yang layak diberikan apresiasi yakni berdasarkan Market Domination, Brand Awareness, Brand Image, Customer Satisfication dan Social Economy Contribution.

Dalam proses survei, Iconomics melakukan secara online kuantitatif di 10 kota besar di Indonesia. Responden terdiri dari 3 segmen usia milenial yakni Early (18-24 tahun), Mid-term (25-31 tahun), Late (32-37 tahun) dengan tiga segmen pendapatan Low, Middle, dan High.

"Melalui Financial Award 2020 yang berdasarkan cara pandang dari para milenial kiranya dapat memberikan insight kepada perusahaan-perusahaan finansial dalam mengambil kebijakan," kata Founder & CEO The Iconomics Bram S Putro. 

Pada tahun ini yang merupakan perhelatan kedua Financial Award, sebanyak 68 perusahaan jasa keuangan masuk dalam daftar penerima penghargaan tersebut terdiri perbankan, asuransi serta lembaga fintech.

Baca juga: Melek keuangan digital buat milenial bijak atur uang
Baca juga: Tips kelola keuangan untuk milenial di tengah gaya hidup yang dinamis

Pewarta: Subagyo
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020