Jakarta (ANTARA) - Roberto Firmino mencetak gol tunggal untuk membawa Brazil meraih kemenangan atas Venezuela 1-0 di Sao Paulo, Jumat atau Sabtu WIB, sekaligus memperpanjang rekor 100% tim samba menjadi tiga kemenangan dari tiga laga dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL.

Juara dunia lima kali itu mencetak sembilan gol dalam dua pertandingan terakhir mereka, tetapi mereka harus berjuang sejak awal melawan Venezuela yang yang bermain ngotot dengan pertahanan rapat.

Tampil sebagai tuan rumah di Estadio Morumbi, Sao Paulo, Brazil yang tanpa mega bintang Neymar Jr. bermain lesu menghadapi Venezuela yang merupakan satu-satunya dari 10 tim Amerika Selatan yang tidak pernah lolos ke putaran final Piala Dunia.

Baca juga: Brazil hadapi kualifikasi Piala Dunia dengan masalah cedera pemain

Selecao sempat dibuat frustrasi oleh permainan bertahan Venezuela meski tuan rumah secara statistik menguasai hampir 75 persen permainan dan melepaskan 11 tembakan ke gawang Venezuela, namun hanya 3 yang mengena sasaran dan 1 dikonversi menjadi gol, demikian catatan laman resmi CONMEBOL

Tuan rumah sebenarnya sempat mencetak gol cepat melalui Richarlison pada menit ketujuh. Tapi gol itu dianulir wasit karena Richarlison dianggap offside.

Jelang babak pertama usai, Brazil memperoleh beberapa peluang, tetapi hingga turun minum tidak ada gol yang bisa diciptakan.

Pada babak kedua, kendali permainan masih dipegang oleh Brazil. Kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-67. Sebuah tembakan Firmino dari jarak dekat ke pojok kiri gawang tidak bisa dibendung kiper Venezuela, Wuilker Farinez.

Baca juga: Arturo Vidal bawa Chile tundukkan Peru 2-0

Susunan pemain:

Brazil: Ederson; Danilo, Thiago Silva, Marquinhos, Renan Lodi; Douglas Luiz, Allan, Everton Ribeiro; Gabriel Jesus, Roberto Firmino, Richarlison.

Venezuela: Wuilker Farinez; Roberto Rosales, Yordan Osorio, Wilker Angel, Rolf Feltscher; Yeferson Soteldo, Tomas Rincon; Darwin Machis, Christian Casseres, Junior Moreno; Salomon Rondon.

Baca juga: Cavani dan Suarez sumbang gol bantu Uruguay cukur Kolombia 3-0
Baca juga: Argentina ditahan imbang Paraguay 1-1
Baca juga: Ekuador curi kemenangan 3-2 di markas Bolivia

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020