Diaspora Indonesia di Kuwait donor darah untuk peringati HKN ke-56

id WNI di Kuwait,KBRI Kuwait City,donor darah

Diaspora Indonesia di Kuwait donor darah untuk peringati HKN ke-56

WNI yang termasuk dalam Forum Diaspora Indonesia di Kuwait (FDIK) menyumbangkan darah di Blood Bank Shuwaikh Medical, Kuwait, Sabtu (14/11/2020). (ANTARA/HO-FDIK)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah warga negara Indonesia yang tergabung dalam Forum Diaspora Indonesia di Kuwait (FDIK) menyumbangkan darah di Blood Bank Shuwaikh Medical, Kuwait, pada Sabtu (14/11), dalam suasana peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56.

Kegiatan yang digelar bersama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Cabang Kuwait serta didukung oleh Kedutaan Besar RI (KBRI) di Kuwait City itu diikuti sekitar 100 orang donor--namun beberapa di antaranya tidak memenuhi syarat pengambilan darah karena riwayat medis.

"Kegiatan ini merupakan bukti nyata kontribusi kemanusiaan masyarakat Indonesia yang berada di Kuwait," kata Duta Besar Indonesia untuk Kuwait Tri Tharyat, dalam keterangan FDIK yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Pameran pembangunan kesehatan dan aksi untuk masyarakat
Baca juga: Bersama mewujudkan sehat bangsaku, sehat negeriku


HKN diperingati setiap tanggal 12 November, dan tahun ini Kementerian Kesehatan RI mengangkat tema "Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat" dengan subtema terkait situasi wabah saat ini, "Jaga Diri, Keluarga, dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi COVID-19."

Di tengah bencana kesehatan--penyakit infeksi menular--yang terjadi secara global, ketersediaan darah mengalami penurunan, salah satunya akibat aturan pembatasan sosial yang melarang masyarakat untuk berpergian.

"Peran serta masyarakat Indonesia di Kuwait untuk menyumbangkan darah sangat di butuhkan. [...] Mereka yang ikut serta adalah pahlawan kemanusiaan di tengah pandemi ini," kata Ketua FDIK, Ibnu Munzir, dalam keterangan yang sama.

Baca juga: Menkes berharap HKN dorong masyarakat berinovasi bidang kesehatan
Baca juga: Peluncuran perangko tandai peringatan Hari Kesehatan 2014

Pewarta : Suwanti
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar