Medan (ANTARA) - Direktur Eksekutif Jaringan Kesehatan Masyarakat (JKM) Indonesia Dr dr Delyuzar M.Ked (PA),Sp,PA (K) berharap kepada masyarakat harus mendukung program pemerintah menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (3M) untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Program 3M ini agar diterapkan dengan baik, sehingga masyarakat tetap dalam keadaan sehat dan terhindar dari terpapar virus yang sangat berbahaya itu," ujar Delyuzar, di Medan, Minggu malam.

Baca juga: Forum ta'aruf bantu kampanye penerapan 3M dalam acara pernikahan

Ia menyebutkan, dengan menerapkan program 3M itu, semoga warga masyarakat semakin berkurang terkena pandemi COVID-19.

Selain itu, program 3M agar semakin gencar diterapkan bagi masyarakat yang tinggal di daerah perdesaan maupun daerah tertinggal lainnya.

"Karena dalam menyukseskan program 3M ini, lebih diperlukan adalah di hulu (masyarakat) dan hal ini haru menjadi perhatian pemerintah serta instansi terkait lainnya," ujarnya.

Baca juga: 3M dan 3T tetap dilakukan meski sudah ada vaksin, sebut pakar

Delyuzar menjelaskan, JKM sangat mendukung pemerintah untuk menyukseskan program 3M, dengan cara sosialisasi kepada masyarakat, menggelar webinar secara virtual, dan bekerjasama dengan sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) di Kota Medan.

Kemudian, JKM juga bersinergi dan membantu Satgas COVID-19, dalam memutus rantai penyebaran Virus Corona yang saat ini belum juga mereda.

"Jadi, JKM tetap membantu sepenuhnya pemerintah menyukseskan program 3M, dan juga mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Indonesia umumnya, dan Sumatera Utara (Sumut) khususnya," Tim Ahli COVID-19 Balitbang Sumut itu.

#satgascovid19#
#ingatpesanibu#

Baca juga: Satgas COVID-19 Medan: Tingkat kesadaran warga terapkan 3M meningkat
Baca juga: YKPI raih penghargaan Kemenkes karena terapkan 3M
Baca juga: Satgas: Sekitar 25 ribu orang masih menolak diedukasi protokol 3M

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020