Jakarta (ANTARA) - Talenta digital di Indonesia beberapa kali disebut sebagai sumber daya manusia yang penting di masa depan. Menurut Head of Engineering Tokopedia Rico Harisin, talenta digital Indonesia memiliki potensi yang besar, sehingga perlu dihadirkan, difasilitasi dan diasah.

"Talenta digital dan potensinya besar sekali. Banyak talenta yang mungkin masih 'bersembunyi'. Dan kita mungkin selama ini patokannya dari lulusan mana, dan lainnya," kata Rico melalui konferensi pers virtual, Selasa.

"Kalau kita membuka mata, banyak talenta berbakat. Saya senang dengan pertumbuhan teknologi sekarang menghadirkan banyak talenta muda Indonesia," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Kemendikbud apresiasi dukungan Huawei kembangkan talenta digital

Baca juga: Dorong inovasi siswa, Samsung gelar SIC Project Competition 2020


Lebih lanjut, ia berpendapat bahwa ekspektasi untuk talenta digital dalam negeri yang tinggi, harus didukung banyak pihak, termasuk perusahaan teknologi yang mengajak mereka andil di dalamnya.

"Tokopedia percaya bahwa inovasi terbaik lahir dari talenta terbaik, maka kami selalu berkomitmen 'selalu ada, selalu bisa' dalam memberikan ruang seluas-luasnya bagi talenta-talenta terbaik yang ingin berkarya untuk Indonesia melalui teknologi," kata Rico.

Hal tersebut, menurut Rico, terus dilakukan Tokopedia lewat kolaborasi dengan para mitra strategis. Di Tokopedia sendiri, Rico mengatakan pihaknya melakukan kolaborasi melalui START Summit Extension, Tokopedia Academy, dan lainnya.

"Memajukan ekosistem industri teknologi tanah air agar dapat bersaing di pasar digital global adalah hal yang perlu diupayakan bersama," ujarnya menambahkan.

Senada dengan Rico, kreator konten Wisnu Kumoro berpendapat kolaborasi memang menjadi kunci untuk melatih dan mengembangkan kemampuan talenta digital di Indonesia.

"Talenta digital akan bisa berkembang jika lebih masif pelatihan dan kolaborasinya. Menurut saya, harus bikin kolaborasi yang grande, untuk membuat sesuatu yang besar scoop-nya," kata Wisnu.

"Karena menurut saya, potensi talenta digital kita bagus banget dan diakui di tingkat internasional. Sehingga sayang kalau tidak diakselerasi lebih besar," pungkasnya.

Baca juga: Kominfo targetkan 9 juta talenta digital

Baca juga: Grab resmikan pusat inovasi talenta digital, Grab Tech Center

Baca juga: Indonesia butuh banyak talenta digital

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020