Pendidikan bintara Polda Aceh terapkan protokol kesehatan ketat

id Aceh,Polda Aceh,SPN Seulawah,pendidikan bintara,protokol kesehatan,covid-19,pemerintah aceh,provinsi aceh,pemprov aceh

Pendidikan bintara Polda Aceh terapkan protokol kesehatan ketat

Siswa bintara saat mengikuti upaya pembukaan pendidikan bintara di SPN Polda Aceh di Seulawah, Aceh Besar, Selasa (17/11/2020). ANTARA/M Haris SA.

Banda Aceh (ANTARA) - Polda Aceh menerapkan protokol kesehatan ketat pada pelaksanaan pendidikan bintara kepolisian di Sekolah Polisi Negara (SPN) Seulawah, Aceh Besar.

Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada di Aceh Besar, Selasa, mengatakan penerapan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di sekolah polisi tersebut.

"Pandemi COVID-19 yang kini masih berlangsung tersebut mengharuskan pendidikan bintara di Polda beradaptasi. Proses pendidikan tidak bisa seperti masa normal, tetapi harus menerapkan protokol kesehatan," kata Irjen Pol Wahyu Widada usai memimpin upacara pendidikan pembentukan bintara Polri di SPN Polda Aceh di Seulawah, Aceh Besar.

Baca juga: Protokol kesehatan ketat di pembukaan Pendidikan Bintara Polri Sulteng

Pendidikan diikuti 322 siswa terdiri 252 siswa lulusan seleksi di Polda Aceh dan 70 siswa lulusan seleksi Polda Sumatera Utara. Pendidikan berlangsung selama tujuh bulan dengan lulusan berpangkat brigadir dua.

Dari 322 siswa tersebut, 43 di antaranya direkrut melalui rekomendasi produktif. Mereka yang direkrut melalui rekomendasi produktif memiliki kemampuan di bidang olahraga serta tahfiz atau mampu menghafal Al Quran.

Kapolda mengatakan protokol kesehatan yang diterapkan selama pendidikan di antaranya pemakaian masker serta menjaga jarak. Masing-masing ruang belajar juga disiapkan tempat cuci tangan.

"Untuk ruang belajar, digunakan yang ukuran sedang dan besar. Sedangkan yang kecil tidak karena untuk menghindari jarak berdekatan," kata jenderal polisi bintang dua tersebut.

Baca juga: Kapolda Jateng lantik 660 bintara baru

Baca juga: SPN Balikpapan mulai didik ratusan calon Bintara TA 2019/20


Selain itu, kata mantan Kapolda Gorontalo itu, proses belajar mengajar juga berlangsung secara daring atau l virtual dari pengajar di Lembaga Pendidikan Pelatihan (Lemdiklat) Polri.

Kendati proses pendidikannya berbeda dengan kondisi normal, kata Irjen Pol Wahyu Widada, polisi yang diluluskan nanti memiliki integritas, unggul, profesional, serta taat pada peraturan.

"Kepada siswa kami ingatkan tidak melanggar aturan dan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Polda Aceh memprioritaskan kesehatan siswa selama menjalani pendidikan bintara," kata Irjen Pol Wahyu Widada.
#satgascovid19
#ingatpesanibupakaimasker #cucitanganpakaisabun #jagajarak

Pewarta : M.Haris Setiady Agus
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar