Ambon (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Ambon Ely Toysuta menyatakan akan memberikan penghargaan berupa gelar warga kehormatan Kota Ambon kepada Kapolda Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar yang akan mengakhiri masa tugasnya di wilayah Polda Maluku.

"Kami menerima beberapa surat masuk dari masyarakat yang menyampaikan saran agar DPRD kota memberikan penghargaan kepada Irjen Pol Baharudin Djafar sebagai warga kehormatan kota Ambon atas jasa-jasanya selama mengabdi di Maluku," kata Toisuta di Ambon, Selasa.

Baca juga: Mayjen Doni Monardo warga kehormatan Kota Ambon

Pernyataan Toisuta disampaikan saat bersama pimpinan DPRD dan Wakil Wali Kota Ambon Syarief Hadler melakukan pertemuan dengan Kapolda di ruang kerjanya.

Menurut dia, sebelumnya Kota Ambon telah memberikan penghargaan yang sama kepada empat tokoh antara lain Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar, mantan Wapres RI Yusuf Kalla, Sandiaga Uno, serta Doni Munardo.

"Rencananya akan diberikan penghargaan yang sama kepada Kapolda Maluku melalui sidang istimewa DPRD Kota Ambon dalam waktu dekat," tandasnya.

Baca juga: Kapolda Maluku naik pangkat jadi irjen pol

Terhadap rencana tersebut, Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar menyatakan sangat terharu dan berterima kasih kepada warga kota Ambon dan Maluku secara keseluruhan.

Kapolda menyatakan kenangannya bersama masyarakat Maluku terutama keramah- tamahannya dan sampai kapan pun akan diingat dan dikenang.

Berdasarkan telegram Kapolri, Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar dimutasikan ke Mabes Polri dan mendapat tugas baru sebagai analis kebijakan utama Baharkam Polri, sedangkan posisi Kapolda Maluku yang baru dipercayakan kepada Irjen Pol Refdi Andri.

Baca juga: Kerja sama tokoh agama diharapkan bisa menjaga kamtibmas di Maluku

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020