Jakarta (ANTARA) - FIBA secara resmi menetapkan pebasket asal Amerika Serikat Brandon varn Dorn Jawato sebagai pemain lokal yang bisa memperkuat timnas basket Indonesia di berbagai kompetisi internasional.

“Akhirnya Brandon oleh FIBA dianggap sebagai pemain lokal. Ini sangat menguntungkan kita,” ujar manajer timnas basket Indonesia Maulana Fareza Tamrela dikutip dari Instagram Timnas Basket Indonesia, @official_timnasbasket, Selasa.

Brandon Jawato dan Lester Prosper sebelumnya telah merampungkan proses naturalisasi mereka dan sah menjadi warga negara Indonesia (WNI) usai mengucap sumpah janji setia pada Jumat (13/11).

Namun kemudian beberapa hari berselang, FIBA, melalui surat yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Andreas Zagklis menetapkan Brandon Jawato sebagai pemain lokal Indonesia alih-alih pemain naturalisasi dengan “restriction”.

Baca juga: Proses naturalisasi Jawato dan Prosper masuk tahap akhir
Baca juga: Indonesia lanjutkan Kualifikasi FIBA Asia 2021 di Bahrain


Dalam suratnya, FIBA mempertimbangkan beberapa faktor yang mendasari keputusannya tersebut, di antaranya status ayah Jawato yang berasal dari Indonesia, partisipasinya di kompetisi nasional profesional, serta durasi dia tinggal di Indonesia yang sudah cukup lama sejak 2015.

Status yang didapat Jawato menjadi hal yang menguntungkan bagi timnas. Sebab merujuk pada regulasi FIBA tentang ketentuan dan status kewarganegaraan pemain, setiap tim nasional yang berpartisipasi pada kompetisi FIBA hanya boleh memiliki satu pemain naturalisasi.

Namun dengan keputusan FIBA yang baru saja menetapkannya sebagai pemain lokal, maka Jawato sudah dapat dipastikan bisa tampil dalam lanjutan Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Manama, Bahrain, 27 dan 30 November. Sementara satu kuota pemain naturalisasi menjadi milik Lester Prosper.

Baca juga: Jawato dan Prosper sah jadi WNI, siap perkuat timnas Indonesia

“Kedua pemain bisa ditampilkan bersamaan di Bahrain nanti,” kata Fareza.

“Brandon akan memberikan dampak besar bagi Indonesia. Kami sudah siap berlaga di Bahrain. Kami menyiapkan semuanya. Secara sistem dan strategi permainan kami siap,” tutur Fareza.

Timnas basket Indonesia saat ini tengah menjalani pelatnas di GBK Arena Jakarta. Dari total 15 pemain, hanya 12 pemain yang bakal diberangkatkan ke Bahrain. Pengumuman roster akan diumumkan pada 20 November.

Adapun Skuat Garuda dijadwalkan bertolak ke Bahrain pada 22 November mendatang.

Baca juga: Komisi III DPR RI setujui permohonan naturalisasi Jawato dan Prosper

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020