Modi hubungi Biden untuk majukan hubungan strategis AS-India

id Perdana Menteri India,Narendra Modi,India Amerika Serikat,Joe Biden,Donald Trump,Modi Biden

Modi hubungi Biden untuk majukan hubungan strategis AS-India

Dokumentasi--Perdana Menteri India Narendra Modi memberikan pidato kenegaraan saat peringatan Hari Kemerdekaan di Benteng Merah bersejarah di Delhi, India, Kamis (15/8/2019)./REUTERS/Adnan Abidi/djo/wsj. (REUTERS/ADNAN ABIDI)

New Delhi (ANTARA) - Perdana Menteri India Narendra Modi telah berbicara dengan Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden melalui telepon dan Modi berjanji untuk memajukan hubungan strategis kedua negara.

PM India itu juga memberi selamat atas kemenangan pemilihan Biden, yang menurutnya menunjukkan kekuatan demokrasi AS.

Modi awalnya mengirimkan ucapan selamat kepada Biden dalam pesan media sosial segera setelah jaringan televisi AS memproyeksikan Biden menjadi pemenang pemilihan umum AS 3 November meskipun Presiden Donald Trump menolak untuk mengakui kekalahan.

Baca juga: India tetap berusaha pererat hubungan dengan AS
Baca juga: India izinkan ekspor obat anti-malaria setelah Trump ajukan permintaan


Modi menindaklanjuti ucapan selamatnya dengan panggilan telepon kepada Biden dan menegaskan kembali komitmennya untuk kemitraan strategis antara dua negara demokrasi besar, kata Modi di Twitter pada Selasa malam.

"Perdana Menteri Modi dengan hangat memberi selamat kepada Presiden terpilih Biden atas pemilihannya, (Modi) menggambarkan pemilihan itu sebagai bukti kekuatan dan ketahanan tradisi demokrasi di Amerika Serikat," kata kementerian luar negeri India.

Modi telah membangun hubungan dekat dengan Trump. Kedua pemimpin mengadakan rapat umum bersama di kota Houston, AS tahun lalu.

Kemudian, mengadakan rapat umum lagi tahun ini di negara bagian asal Modi, Gujarat, selama kunjungan Trump ke India.

Para pengkritik Modi mengatakan bahwa perdana menteri India itu hampir saja mendukung pencalonan Trump, yang menurut mereka dapat merugikan prospek India saat AS di bawah pemerintahan Demokrat.

India dan Amerika Serikat semakin dekat selama masa kepresidenan Trump karena kedua negara bertujuan untuk melawan pengaruh militer dan ekonomi China yang meluas di kawasan.

Selama panggilan telepon, Modi juga menyampaikan harapan terbaiknya kepada Wakil Presiden terpilih Kamala Harris, putri seorang imigran India yang terpilih untuk jabatan publik tertinggi kedua di Amerika Serikat, yang telah dielu-elukan di India.

Modi dan Biden juga membahas prioritas mereka, termasuk mengatasi pandemi virus corona baru, mempromosikan akses ke vaksin yang terjangkau dan mengatasi perubahan iklim, kata kementerian luar negeri India.

Sumber: Reuters

Baca juga: Desa leluhur Harris di India rayakan keunggulan Biden dalam Pilpres AS
Baca juga: Kamala Harris, inspirasi pemimpin perempuan India di desa leluhurnya

Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar