Denpasar (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Denpasar, Provinsi Bali, menyatakan sebanyak 27 orang sembuh dari COVID-19 dari 165 orang yang masih di rawat di rumah sakit rujukan setempat, Rabu ini.

"Hari ini tercatat 27 orang dinyatakan sembuh dari COVID-19 setelah menjalani perawatan secara intensif," kata Juru Bicara GTPP COVID-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai di Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan tingkat kesembuhan sudah meningkat. Namun, masih menemukan adanya kasus positif sebanyak 24 orang yang tersebar di 17 wilayah desa dan kelurahan.

Dikatakan, berdasarkan data GTPP COVID-19 Kota Denpasar, persebaran kasus positif tercatat mengalami lonjakan di dua wilayah desa/kelurahan, yakni Kelurahan Sesetan yang mencatat penambahan kasus tertinggi dengan empat kasus baru.

Baca juga: GTPP Denpasar rancang langkah antisipasi lonjakan COVID-19

Baca juga: GTPP Denpasar sebutkan delapan orang sembuh COVID-19


Di susul Desa Sidakarya yang mencatatkan penambahan kasus sebanyak tiga orang. Selain itu, Kelurahan Penatih dan Desa Sanur Kaja turut mencatatkan penambahan sebanyak dua kasus. Sedangkan 13 desa/kelurahan lainnya mencatat penambahan kasus masing-masing satu orang dan sebanyak 26 desa/kelurahan nihil penambahan kasus.

"Data terbaru perkembangan COVID-19 di Kota Denpasar, kasus positif bertambah 24 orang dan kasus sembuh bertambah 27 orang," ujarnya

Lebih lanjut Dewa Rai mengatakan bahwa beragam upaya akan terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona risiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian sehingga bagi desa/kelurahan yang mengalami lonjakan kasus akan mendapat perhatian serius GTPP COVID-19 Kota Denpasar.

Langkah tersebut dilakukan dengan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan, sosialisasi dan edukasi berkelanjutan secara rutin dengan menggunakan mobil callling atau door to door serta melaksanakan penyemprotan disinfektan wilayah secara terpadu.

"Mari bersama-sama lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah, mengingat dua kluster, yakni kluster keluarga dan perjalanan dalam daerah masih mendominasi, hal ini disebabkan arus mobilitas di Denpasar sangat tinggi," ujar Dewa Rai.

Dengan demikian, secara akumulatif perkembangan kasus COVID-19 di Kota Denpasar, yakni kasus positif tercatat sebanyak 3.568 kasus, jumlah pasien sembuh di Kota Denpasar mencapai 3.321 orang (93,08 persen), meninggal dunia sebanyak 82 orang (2,30 persen), dan yang masih dalam perawatan sebanyak 165 orang (4,62 persen).

Terkait upaya menekan angka kematian akibat COVID-19, Dewa Rai mengatakan bahwa GTPP mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 3 M (menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan)," kata Dewa Rai.*

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Denpasar bertambah 19 orang

Baca juga: GTTP Denpasar tambah 42 pasien sembuh COVID-19

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020