Majalengka (ANTARA) - Bandara Internasional Jawa Barat, di Kertajati, Kabupaten Majalengka dipastikan akan memiliki fasilitas penunjang yang super lengkap usai tiga BUMD yang bergabung dalam bisnis membangun fasilitas hotel berbintang dengan fasilitas MICE (meeting, incentive, convention and exhibition).

Proses pembangunan fasilitas penunjang tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama hotel bintang tiga, hotel bintang lima dan MICE di Bandara Kertajati yang dipimpin langsung Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar Noneng Komara, dan jajaran direksi PT BIJB, Jaswita dan BJB, Kamis.

Acara peletakan batu pertama tersebut merupakan rangkaian akhir dari West Java Investment Summit (WJIS) 2020 ini yang sudah digelar sejak Senin (16/11) dan manajemen PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) memastikan pihaknya berkontribusi penuh dalam acara yang digelar untuk mendongkrak arus investasi ke Jawa Barat tersebut.

Baca juga: Presiden minta Patimban, Kertajati, dan Bekapur saling terkoneksi

Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi mengatakan pihaknya saat ini tengah fokus dalam pengembangan aerocity dan pengembangan bisnis lain di Bandara Kertajati.

Menurut dia penguatan fasilitas lewat investasi didorong PT BIJB agar bandara memberikan nilai tambah ekonomi kawasan sehingga diharapkan PT BIJB dapat berkontribusi menjadi motor penggerak perekonomian di Jawa Barat.

"Jadi Kertajati juga termasuk ke dalam kawasan Rebana Metropolitan yang sudah dicanangkan Pak Gubernur Ridwan Kamil, dan Bandara Kertajati ini akan menjadi penyangga logistik dari industri-industri yang berkembang baik di Rebana," kata dia.

Baca juga: Astra Infra Toll prediksi BIJB Kertajati selesai akhir 2021

"Sehingga sambil menunggu kondisi penerbangan pulih, ini waktunya tepat kita membangun. Jadi pada saatnya nanti pembangunan selesai bisa menyelamatkan perekonomian di Jawa Barat," lanjut dia.

BIJB dalam WJIS 2020 menawarkan sejumlah kerjasama bisnis antara lain pembangunan Cargo Village, Integrated Building, hotel bintang tiga, bintang lima dan MICE Facility.

Sebelumnya penandatanganan kerjasama ini, Jaswita Jabar, BIJB dan BJB berkomitmen untuk membangun sarana pendukung bandara yaitu hotel bintang tiga dengan nilai investasi sebesar Rp661,9 miliar.
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020