Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Evita Nursanty menyampaikan bahwa DPR kini akan lebih akuntabel dan transparan dengan e-Parlemen yang memudahkan masyarakat menyampaikan aspirasi.

"Yang paling penting e-Parlemen ini untuk masyarakat, jadi memudahkan dalam berkomunikasi dengan DPR," kata Evita, dalam pernyataannya, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, e-Parlemen dapat meningkatkan kinerja anggota DPR RI dan memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi atau menyampaikan aspirasi pada wakil-wakilnya di Senayan.

Anggota Komisi VI DPR RI itu menjelaskan rapat-rapat DPR RI saat ini dapat disaksikan melalui siaran langsung di TV Parlemen.

Bahkan, kata dia, dalam kondisi pandemi COVID-19, anggota DPR RI tetap menjalankan tugas pengawasan, legislasi, dan anggaran, dengan tetap disiplin pada protokol kesehatan, penyesuaian kehadiran fisik di ruang rapat, dan memanfaatkan teknologi untuk mendukung rapat secara virtual.

Setelah e-Parlemen diluncurkan pada 8 Oktober 2020, lanjut dia, DPR RI akan mengurangi penggunaan kertas dalam semua agenda kerja, dan secara bertahap menuju "paperless".

"Karena Ibu Ketua DPR juga berkomitmen mewujudkan DPR RI menjadi parlemen yang modern dan akuntabel, e-Parlemen ini jadi suatu keniscayaan yang harus diimplementasikan DPR RI," ungkap Wakil Rakyat dari daerah pemilihan Jawa Tengah III tersebut.

Pencarian dan penyimpanan dokumen-dokumen rapat juga akan lebih mudah dilakukan dengan e-Parlemen karena semua sudah terdigitalisasi.

"Dokumen-dokumen rapat atau undang-undang yang sebelumnya dicetak, difotokopi, saat ini sudah tinggal 'download'. Lebih efektif dan efisien. e-Parlemen menuju parlemen yang 'environmental free' atau ramah lingkungan,” sambung Evita.

Dengan penerapan e-Parlemen, kata Evita, lebih ramah lingkungan karena menuju paperless dan pada akhirnya akan menghemat anggaran dalam jangka panjang.

"Sudah pasti ada penghematan saat kita menerapkan e-Parlemen. Yang paling penting adalah keterbukaan dan memudahkan masyarakat," ujar Evita.

Baca juga: Anggota DPR tampung aspirasi masyarakat Sumsel

Baca juga: Legislator ingin tradisikan reses serap aspirasi pemda

Baca juga: Legislator umumkan draft dana aspirasi ke publik

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020