Temanggung (ANTARA) - Kebakaran meliputi 11 bangunan yang terdiri atas enam toko dan lima rumah di Jalan Patriot Lingkungan Jampiroso Utara, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada Jumat sekitar pukul 02.00 WIB.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Temanggung Agus Munadi mengatakan bahwa petugas menerima laporan mengenai kejadian kebakaran itu pukul 02.10 WIB dan sekitar pukul 02.30 WIB petugas pemadam sudah tiba di lokasi kebakaran.

"Saat tiba di lokasi api sudah membesar. Strategi yang kita lakukan adalah pakai pola penyekatan, jadi kita tidak fokus ke api dulu, karena kawasan padat permukiman maka kita isolasi dulu lingkungan," katanya.

Menurut dia, 14 mobil pemadam kebakaran yang terdiri atas 12 mobil pemadam dari Temanggung dan dua mobil pemadam dari Magelang dikerahkan untuk mengatasi kebakaran di Jampiroso Utara.

"Untuk memadamkan kebakaran ini, petugas harus mengambil air dari sumber air Pikatan, sehingga harus bolak-balik dan karena keterbatasan armada maka kita minta bantuan Magelang," katanya.

Kepala Bidang Pelindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan, kebakaran yang berawal dari korsleting listrik itu berhasil dipadamkan sekitar pukul 08.00 WIB.

Kejadian kebakaran tersebut, menurut dia, menyebabkan seorang warga dan seorang petugas pemadam terluka.

Baca juga:
Petugas berjibaku padamkan api kebakaran pabrik kayu lapis Temanggung
Delapan rumah di Temanggung terbakar

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020