Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis meminta delapan kapolda yang baru dilantik untuk melakukan persiapan pengamanan terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020.

"Pertama, terkait perintah kepada para kapolda yang menjabat agar segera mempersiapkan personelnya, laksanakan pengamanan Pilkada Serentak pada tanggal 9 Desember 2020," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono menyampaikan amanat Kapolri.

Hal itu disampaikan dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kapolri ingatkan jajarannya tetap netral dalam Pilkada Serentak 2020

Kemudian Kapolri Idham Azis juga menekankan kepada kapolda untuk memastikan seluruh jajaran Polri menjaga netralitas Korps Bhayangkara dalam pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Kapolri juga memerintahkan seluruh jajaran Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) untuk mempersiapkan pengamanan menjelang libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Bagaimanapun dalam situasi pandemi COVID-19 ini tentunya kegiatan keagamaan teman-teman kita yang beragama Nasrani merayakan Natal dan perayaan malam Tahun Baru tentunya ini juga harus menjadi prioritas pengamanan Polri sehingga kehadiran Polri betul-betul dirasakan masyarakat," kata Awi.

Baca juga: Kapolri terbitkan surat telegram pedoman gakkum pelanggar prokes

Selain itu, para kapolda juga diharapkan melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan empati dan simpati masyarakat serta menggelar operasi kegiatan pelayanan di masa pandemi saat ini.

"Dalam masa pandemi tentunya kegiatan-kegiatan pemberian bantuan kepada masyarakat, bansos, memberikan masker, hand sanitizer dan lain-lain sangat membantu sekali terhadap pencegahan maupun pemutusan penyebaran rantai COVID-19," kata Awi.

Pada Jumat, Polri menggelar upacara sertijab terhadap delapan Kapolda, Koorsahli, Kadiv Propam, dan Aslog Kapolri.

Sertijab digelar di Rupatama Mabes Polri dengan memperhatikan prosedur protokol kesehatan.

Baca juga: Kapolri resmi lantik Irjen Fadil Imran sebagai Kapolda Metro Jaya

Serah terima jabatan tersebut sebagaimana tertuang dalam surat Telegram Rahasia (TR) nomor ST/3222/XI/KEP./2020 per tanggal 16 November 2020 yang ditandatangani oleh As SDM Polri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan mewakili Kapolri.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020