Batik, "sustainable fashion" hadir di Fashionlink x #BLCKVNUE JFW 2021

id jakarta fashion week,jfw,jakarta fashion week 2021

Batik, "sustainable fashion" hadir di Fashionlink x #BLCKVNUE JFW 2021

Fashionlink x #BLCKVNUE by Jakarta Fashion Week. ANTARA/Instagram/fashionlinkgram.

Jakarta (ANTARA) - Gelaran Jakarta Fashion Week 2021 melalui program Fashionlink x #BLCKVNUE kembali hadir menggaet desainer dan pelaku industri mode "Indonesia Fashion Forward" untuk unjuk gigi.

Adapun label dari Indonesia Fashion Forward yang ikut dalam program ini, antara lain EUREKA, Bateeq, Calla the Label, hingga Rani Hatta.

Sejumlah gagasan dan konsep menarik pun ditawarkan, mulai dari batik, padu-padan warna, hingga penggunaan material dan fesyen berkelanjutan (sustainable fashion).

Michelle Tjokrosaputro dari Bateeq, melalui siaran pers virtual menjelaskan, kali ini ia akan membawa inspirasi dari upacara adat Suku Tengger di Jawa Timur, dan mengadaptasi teknik batik tambal, serta mengembangkan motif batik sendiri.

"Filosofinya adalah supaya manusia terus memperbaiki diri, dan koleksinya yang akan ditampilkan berjumlah 12 koleksi," kata Michelle.

Baca juga: Jakarta Fashion Week 2021 digelar menyesuaikan era "normal baru"

Lebih lanjut, ia mengatakan Bateeq masih konsisten dengan penggunaan sustainable material untuk koleksinya kali ini. Ia juga mengungkapkan, kain lurik dibuat dari limbah kapas pabrik tekstil, dan dicelup dengan pewarna ramah lingkungan, untuk kemudian diolah oleh pengerajin di Kampung Lurik di Solo, Jawa Tengah.

Sementara, label EUREKA dan Calla the Label mengambil pendekatan yang lebih ceria untuk koleksi terbarunya di Fashionlink x Blckvnue JFW 2021.

Erika dari EUREKA menjelaskan dirinya mengambil tema "Cherish", sementara Yeri Afriyani dari Calla the Label mengambil tema "Happiness" untuk koleksinya.

"Tema 'Happiness', dengan DNA kita yang selalu warna-warni, ceria, dan seru, harapannya ingin 2021 lebih segar, ceria, lift up our mood, dan restart dengan hal baru. Semangat itu akan ditampilkan di outfit kita," kata Yeri.

Sementara itu, Fashionlink x #BLCKVNUE biasanya digelar di area seluas 738 meter persegi, dengan menghadirkan koleksi dari label dan desainer Indonesia Fashion Forward. Selain itu, penonton juga bisa mendapatkan koleksi label terpilih lainnya, yang terus dikurasi sepanjang tahun.

Fashion show Fashionlink x #Blckvnue JFW 2021 dapat disaksikan di JFW.TV pada Kamis, 26 November 2020 pukul 18.30-19.00 WIB.

Baca juga: Mustika Ratu dukung pergelaran Jakarta Fashion Week 2021

Baca juga: TikTok dukung JFW 2021, kolaborasikan fesyen dengan teknologi

Baca juga: Jakarta Fashion Week 2021 digelar daring libatkan 60 perancang busana

 

Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar