Biak (ANTARA News) - Badan PBB untuk kesehatan dan kesejahteraan anak-anak (UNICEF) pada tahun 2010 ini mengalokasikan dana sebesar Rp2,7 miliar untuk membiayai program pembangunan sarana air bersih di sejumlah kabupaten/kota dalam wilayah Provinsi Papua.

Pejabat Unicef Papua, Idris Irwan di Biak, Rabu mengakui, untuk tahun 2010 daerah yang mendapatkan dana Unicef untuk membiayai program air bersih di antaranya kota Jayapura, Kabupaten Jayawijaya, Puncak Jaya, Biak Numfor dan Kabupaten Jayapura.

"Unicef berkomitmen membantu masyarakat di kampung dan distrik dalam wilayah Provinsi Papua guna mendapatkan sarana air bersih di rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup hidup sehari-hari," ungkap Idris Irwan.

Ia menyebutkan, penanganan program sarana air bersih di kampung menjadi perhatian serius pihak Unicef karena terkait dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat terutama anak-anak dan kaum perempuan.

Sebagai contoh di kabupaten Biak Numfor, lanjut Idris Irwan, dalam program penyediaan sarana air bersih pihaknya membantu masyarakat menyediakan bak penampung air hujan dengan kapasitas 2000-4000 liter.

"Penyediaan bak penampung air hujan mencapai 500 unit tersebar di 20 kampung, ya program ini akan dilakukan Unicef dengan menjalin kerja sama dengan pemkab setempat," ungkap Idris Irwan menanggapi program penyediaan bak penampung air hujan.

Idris mengatakan, program lain yang menjadi perhatian Unicef terhadap sarana air bersih di berbagai kabupaten/kota di Papua adalah menyediakan filter - penyaring air.

Dia berharap, melalui program penyediaan sarana air bersih Unicef di berbagai kampung masyarakat dapat sendiri mengatasi kekurangan air bersih untuk keperluan memasak,minum dan mencuci pakaian

Khusus penanganan program air bersih di kabupaten Biak Numfor, lanjut Idris Irwan , hingga saat ini pihak Unicef belum mendapatkan data yang akurat dari pemkab Biak.

"Data akurat menyangkut kebutuhan air bersih sangat dibutuhkan Unicef sebagai dasar tindak lanjut program yang sama di tahun mendatang," ungkap Idris Irwan.

Secara terpisah, Kepala kampung Padwa Adam Swabra mengakui, program penyediaan air bersih dari Unicef di berbagai kampung sangat membantu masyarakat guna memperoleh kebutuhan air untuk keperluan memasak,minum serta mencuci pakaian.

"Warga kampung Padwa Distrik Yendidori telah menikmati air bersih melalui program Unicef," ungkap Kepala kampung Padwa Adam Swabra. (M039/K004)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010