Cirebon (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, sudah mulai melayani penjualan tiket kereta ke berbagai tujuan untuk libur Natal dan Tahun Baru, juga telah menyiapkan kereta tambahan apabila permintaan naik.

"Pemesanan tiket sudah kami buka bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode libur Natal dan Tahun Baru," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif di Cirebon, Rabu.

Dia mengatakan saat ini tiket yang dijual masih kereta reguler pemberangkatannya dan di Daop 3 Cirebon sendiri ada beberapa kereta yang melintas dan berhenti.

Sehingga meskipun kereta Daop 3 yang beroperasi hanya ada dua yaitu KA Ranggajati relasi Cirebon ke Jember dan KA Kaligung relasi Cirebon Prujakan ke Semarang, namun terdapat beberapa kereta lainnya.

"Kalau kereta Daop 3 yang beroperasi hanya ada dua, tapi kita juga melayani penumpang yang akan menggunakan kereta lainnya," kata Luqman.

Di antara kereta yang melewati Daop 3 Cirebon yaitu KA Argo Anggrek relasi Gambir ke Surabaya Pasarturi PP, KA Taksaka Yogyakarta ke Gambir PP, Gajayana Malang ke Gambir, KA Senja Utama Solo relasi Solo Balapan ke Pasar Senen, dan sebagainya.

Namun ketika tiket kereta reguler sudah habis, maka KAI akan menambah perjalanan, akan tetapi ini semua masih bersifat fluktuatif.

"Kita akan ada penambahan kereta tapi secara fluktuatif tergantung kebutuhan pengguna jasa," katanya.

Luqman menambahkan masyarakat sudah dapat memesan tiket kereta untuk libur Natal dan Tahun Baru melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, serta kanal penjualan resmi lainnya.

Masyarakat tidak perlu ragu dalam menggunakan angkutan kereta api, karena KAI tetap mengoperasikan KA dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan secara ketat dan disiplin pada setiap waktu sejak di stasiun dan di atas KA serta selama dalam perjalanan.

"Dan pada masa pandemi, KAI berkomitmen menjual tiket KA Jarak Jauh dan Lokal hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk menciptakan jaga jarak," ujarnya.


Baca juga: KAI: Penumpang di Cirebon melonjak 100 persen lebih saat libur panjang

Baca juga: KAI Cirebon sebut ada 53 perjalanan kereta libur panjang akhir pekan

Baca juga: KAI Cirebon catat Rail Express angkut 2.379 ton barang

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020