Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Setelah melalui beberapa tahap penilaian, Program "Sepasar Pedas" atau Sekolah Pasar Pedagang Cerdas yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Kopindag) Kota Malang sukses menerima penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penghargaan tersebut diserahkan secara resmi oleh Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo dan diterima Kepala Dinas Kopindag, Wahyu Setiyanto di Jakarta Rabu (25/11).

Wali Kota Malang Sutiaji memberikan apresiasi yang tinggi pada seluruh pihak yang telah menyukseskan program tersebut. "Termasuk juga para pedagang di pasar-pasar, yang telah ikut serta secara aktif pada Program Sepasar Pedas ini," ujarnya.

Baca juga: Wisma Atlet jadi Top 21 inovasi pelayanan publik penanganan COVID-19

Ia berharap program ini tidak saja berlangsung saat penilaian lomba, namun juga dapat terus berjalan secara berkelanjutan untuk mencerdaskan pedagang.

Melalui program inovasi "Sepasar Pedas", pedagang pasar rakyat Kota Malang dapat bersaing dan bisa memberikan kepercayaan lebih kepada konsumen agar tetap berbelanja ke pasar rakyat dengan nyaman.

Acara yang dibuka secara virtual oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin tersebut juga dihadiri oleh Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo, Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai, dan Kepala BNPB, Doni Monardo.

Dalam sambutannya Wapres mengungkapkan apresiasinya kepada peraih penghargaan. "Pandemi COVID-19 justru menjadi pemicu untuk menciptakan inovasi dan mengelola pengaduan pelayanan publik yang optimal," kata Wapres.

Baca juga: Kemenpan-RB umumkan hasil Kompetisi Inovasi Pelayanan Publlik 2020
Baca juga: Tjahjo: Kompetisi Inovasi Pelayanan publik harus gerakkan daerah lain

 

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020