Saham Aussie dibuka lebih rendah saat optimisme vaksiin mulai memudar

id saham Australia,indeks ASX 200,bursa,saham

Saham Aussie dibuka lebih rendah saat optimisme vaksiin mulai memudar

Bendera Australia dan bursa Efek Autralia dengan panah merah turun. ANTARA/Shutterstock/pri (Shutterstock)

Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia dibuka lebih rendah pada perdagangan Kamis pagi, terseret penurunan saham bank-bank besar saat optimisme vaksin COVID-19 mulai memudar.

Pada pukul 11.00 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun lima poin atau 0,075 persen menjadi 6.678,30 poin, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas berkurang 3,30 poin atau 0,048 persen menjadi 6.884,90 poin.

Pasar turun tajam pada pembukaan sebelum sebagian pulih mendekati datar. Sebagian besar sektor relatif lemah dan keuangan mengalami penurunan terbesar.

Baca juga: Bursa Australia dibuka menguat, terkerek saham bank besar dan energi

Data baru menghilangkan sebagian dari harapan dan optimisme vaksin baru-baru ini mengenai pembukaan kembali yang lebih cepat dan pemulihan ekonomi dari COVID-19.

"Angka PDB AS secara luas sejalan dengan ekspektasi, dan pesanan barang tahan lama mengalahkan perkiraan," kata Kepala Strategi Pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

"Namun pelemahan yang mengejutkan dalam klaim pengangguran, pendapatan pribadi, dan penjualan rumah baru, menimbulkan pertanyaan tentang kesehatan anggaran rumah tangga, dan membalikkan pembukaan kembali perdagangan yang terinspirasi baru-baru ini."

Baca juga: Bursa Australia dibuka menguat, terkerek saham bank besar dan energi

Di bidang keuangan, saham bank-bank besar merosot dengan Commonwealth Bank turun 0,86 persen, Westpac Bank turun 0,53 persen, ANZ turun 0,63 persen dan National Australia Bank turun 0,79 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih rendah dengan Rio Tinto turun 0,84 persen, BHP turun 0,38 persen dan Fortescue Metals turun 0,11 persen, namun penambang emas Newcrest naik 0,30 persen.

Baca juga: IHSG berpotensi menguat hari ini, seiring naiknya bursa saham global

Saham produsen-produsen minyak dan gas bervariasi dengan Oil Search turun 0,52 persen, Santos turun 1,46 persen dan Woodside Petroleum naik 0,77 persen.

Saham Supermarket terbesar Australia terangkat dengan Coles naik 1,17 persen dan Woolworths naik 0,42 persen.

Sementara saham raksasa telekomunikasi Telstra tidak berubah, maskapai penerbangan nasional Qantas jatuh 2,12 persen dan perusahaan biomedis CSL turun 0,14 persen.

Baca juga: Saham China dibuka lebih tinggi, terkerek transisi kepresidenan Biden

Pewarta : Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar