Deli Serdang sabet "Top 45" Inovasi Pelayan Publik dari Kemenpan RB

id deliserdang , penghargaan,Kemenpan RB,inovasi pelayanan publik

Deli Serdang sabet "Top 45" Inovasi Pelayan Publik dari Kemenpan RB

Bupati Deli Serdang, Sumut Ashari Tambunan saat menerima penghargaan "Top 45" inovasi pelayanan publik dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Jakarta,  Kamis (26/11/2020). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkab Deliserdang)

Lubuk Pakam, Sumut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, meraih penghargaan "Top 45" inovasi pelayanan publik dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB),

"Melalui Program Inovasi Desa Satu (Deli Serdang Sekolah Bermutu), kita menerima penghargaan 'Top 45'," kata Kadis Pendidikan Deli Serdang Timur Tumanggor di Lubuk Pakam, saat dihubungi dari Medan, Kamis.

Ia mengatakan penganugerahan yang diperoleh melalui kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2020 yang disebut "Top 45" itu merupakan ajang tertinggi dari pemerintah atas pengakuan praktik inovasi berbagai jenis pelayanan yang dilakukan.

"Deli Serdang satu-satunya kabupaten di Sumatera Utara yang ikut kompetisi inovasi pelayanan publik itu dan meraih penghargaan TOP 45 di tahun 2020 ini," katanya.

Salah satu program yang terpilih mengikuti kompetisi inovasi pelayanan publik yaitu Program Desa Satu (Deli Serdang Sekolah Bermutu) yang merupakan salah satu program inovasi di bidang pendidikan di Deli Serdang.

Program tersebut merupakan kolaborasi atau gabungan dari tiga inovasi yang dilakukan Pemkab Deli Serdang melalui dinas pendidikan.

Pertama konsep Cerdas (Percepatan Rehabilitasi dan Apresiasi Terhadap Sekolah) yang sudah dimulai sejak tahun 2005 dan pernah mendapatkan penghargaan "TOP 99" dari Kemenpan RB pada tahun 2016.

Selanjutnya, konsep Opung Sari Basah Bang (Operasi Pungut Sampah Setiap Hari, Bank Sampah Sekolah dan Pembinaan Berjenjang) yang sudah dimulai sejak tahun 2014, serta Mesra Bertuah (Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Bersama Orang Tua, Masyarakat dan Sekolah) pada tahun 2016.

"Ketiga konsep inovasi di bidang pendidikan ini didukung juga oleh dinas-dinas lainnya. Kami berbesar hati bahwa ketiga konsep ini juga sebelumnya telah mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat," demikian Tumanggor.

Baca juga: Arsip Nasional serahkan e-arsip "Srikandi" kepada Pemkab Deli Serang

Baca juga: Pemkab Deliserdang edukasi secara masif penerapan protokol kesehatan

Baca juga: BMKG Deliserdang pasang pendeteksi gempa terbaru di pantai timur

Baca juga: Karateka junior asal Deliserdang wakili Indonesia ke Belgia

Pewarta : Juraidi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar