Lima kampung di Sangihe salurkan BLT-DD secara nontunai

id BLT Dana Desa

Lima kampung di Sangihe salurkan BLT-DD secara nontunai

Ilustasi - Penyaluran BLT Dana Desa untuk penanganan dampak pandemi COVID-19. ANTARA FOTO.

Sulut, Sangihe (ANTARA) - Lima kampung di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) secara nontunai atau melalui rekening penerima.

"Dari 145 kampung yang ada di Sangihe, ada lima kampung yang menyalurkan BLT secara nontunai atau melalui rekening penerima," kata Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Kabupaten Sangihe Jefry Gaghana di Tahuna, Kamis.

Sebanyak lima kampung tersebut, Kampung Gunung, Kecamatan Tabukan Tengah, Mala, Kecamatan Manganitu, dan tiga kampung lainnya di Kecamatan Tabukan Utara, yaitu Petta Selatan, Tarolang, serta Bahu.

"Semua keluarga penerima manfaat di lima kampung tersebut menerima BLT Dana Desa melalui rekening masing-masing," kata dia.

Penyaluran BLT-DD di 140 kampung lainnya sampai saat ini masih secara tunai kepada keluarga penerima manfaat.

Dia mengatakan untuk penyaluran BLT tahap delapan pada November ini sudah ada 19 kampung yang telah merealisasikannya kepada 850 keluarga penerima manfaat, sedangkan untuk BLT tahap sebelumnya, yaitu pada September masih ada 16 kampung yang belum merealisasikan penyalurannya.

"Kami berharap, kampung yang belum merealisasikan penyaluran BLT tahap enam sampai tahap delapan kiranya segera memproses untuk penyalurannya," kata dia.

Dana yang sudah tersalur untuk BLT Dana Desa di Kabupaten Sangihe sejak tahap pertama pada April 2020 sampai dengan saat ini Rp32,299 miliar.

"Bulan April sampai Juni setiap kepala keluarga penerima manfaat diberikan BLT Rp600 ribu. Mulai Juli sampai saat ini, setiap bulan turun menjadi Rp300 ribu sehingga total dana yang sudah tersalur sebanyak Rp32,299 miliar lebih," kata dia.

Baca juga: Penyaluran BLT Dana Desa tahap lima Kabupaten Penajam capai 90 persen
Baca juga: Mendes PDTT dan Mensos tinjau penyaluran BST dan BLT Dana Desa
Baca juga: Pemerintah sudah salurkan Rp18 triliun lebih BLT Dana Desa

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar