Jakarta (ANTARA) - Korlantas Polri menggelar Rapat Koordinasi Pembina Samsat Tingkat Nasional Tahun 2020 di Jakarta, Kamis, sebagai salah satu upaya mewujudkan pelayanan prima di era digital.

"Dari kegiatan ini kami akan menyamakan persepsi, di mana masing-masing stakeholder punya komitmen bersama untuk menjadikan Samsat ini lebih baik," kata Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf melalui siaran pers, di Jakarta, Kamis.

Yusuf mengatakan rakor ini akan mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang terjadi pada pelayanan Samsat, mencari akar permasalahan serta solusinya agar ke depan pelayanan Polri bisa lebih baik.

Baca juga: Korlantas tekankan pentingnya pelayanan prima berbasis teknologi

"Samolnas merupakan produk unggulan dari Samsat, setiap saat kami upgrade sesuai perkembangan, apabila di situ perlu adanya penambahan fitur baru, kami akan tambah. Kami evaluasi lagi lebih baik dan ini akan kami kembangkan terus bersama-sama stakeholder terkait," tutur Yusuf.

Upaya pelayanan publik yang lebih baik ini juga diamini Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.

Menurut dia, Korlantas Polri sudah melakukan langkah-langkah perubahan digitalisasi dengan adanya teknologi informasi untuk keselamatan berlalu lintas (IT for Road Safety).

"Pembangunan birokrasi merupakan salah satu program prioritas pemerintah yang harus menjadi perhatian semua. Hal ini merupakan tugas yang sangat besar bagi petugas pelayanan publik di tengah perkembangan digitalisasi dari era revolusi industri 4.0 yang juga banyak membawa perubahan di semua aspek kehidupan, terlebih di situasi pandemi COVID-19 yang sampai saat ini belum berakhir, mengharuskan adanya perubahan pada pelayanan publik," kata Istiono melalui video virtual.

Baca juga: Menpan-RB apresiasi inovasi Korlantas Polri untuk layani masyarakat

Kakorlantas berharap dengan adanya IT for Road Safety ini, para pemangku kepentingan bisa bersama-sama membangun program-program pelayanan prima untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Saya memohon dukungan dari seluruh stakeholder atas segala program yang telah kami rangkum dan saya berdoa semoga kita semua senantiasa diberikan perlindungan oleh Tuhan Yang Maha Esa berupa kesehatan dalam melaksanakan tugas-tugas kepada bangsa dan negara," kata Kakorlantas.

Korlantas Polri menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pembina Samsat Tingkat Nasional Tahun 2020 dengan tema "Pelayanan Prima di Era Digital Menuju Indonesia Maju" yang digelar di Jakarta, Kamis.

Kapolri Jendral Pol Idham Azis yang membuka rakor tersebut melalui video virtual mengapresiasi kinerja Kakorlantas Polri Irjen Istiono dan Dir Regident Korlantas Polri Brigjen Yusuf yang memiliki inovasi bagus dalam membangun pelayanan publik berbasis IT.

Baca juga: Korlantas: Program Keselamatan wujud solidaritas pada masa pandemi

"Saya sangat memberikan apresiasi kepada tim pembina Samsat atas program-program yang mendekatkan kepada masyarakat. Terima kasih juga kepada Kakorlantas dan jajaran atas inovasi yang telah dilaksanakan selama ini. Saya melihat betul-betul trennya itu menunjukkan arah yang sangat bagus," kata Idham.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020