DPR apresiasi inovasi digitalisasi Perum Peruri

id perum peruri,gde sumarjaya linggih,dpr ri,digitalisasi

DPR apresiasi inovasi digitalisasi Perum Peruri

Logo Peruri.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi VI DPR Gde Sumarjaya Linggih mengapresiasi sejumlah upaya inovasi digitalisasi yang telah dilakukan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) dalam mengefisiensikan kinerja operasional perusahaan.

"Kita melihat mereka (Perum Peruri) semangatnya masih ada. Kita melihat COVID-19 ini menyebabkan mereka lebih efisien, lebih efektif dalam mengelola perusahaan," katanya dalam rilis di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Peruri dan PNRI resmikan "Akhlak" sebagai new core values

Menurut Gde Sumarjaya, dengan semangat inovasi yang membuat Perum Peruri berhasil melakukan efisiensi selama pandemi, maka ke depannya BUMN tersebut juga dinilai mampu menghadapi era kenormalan baru.

Sejumlah inovasi tersebut, lanjutnya, adalah adaptasi yang dilakukan oleh Perum Peruri dalam menghadapi era digitalisasi di mana semakin banyak transaksi nontunai yang dilakukan.

Selain itu, ia juga gembira karena Perum Peruri sudah dipercaya beberapa negara untuk melakukan kerja sama menghasilkan produk untuk pihak luar negeri yang produksinya dilakukan di dalam Indonesia.

Ia mengutarakan harapannya agar Perum Peruri juga dapat mengumpulkan perusahaan rintisan (startup) yang bisa menjadikan Indonesia terdepan di sektor industri, khususnya di ASEAN dengan cara memperbaiki serta meningkatkan kinerja BUMN melalui revolusi industri 4.0.

Peruri tercatat memiliki tiga produk digital yaitu Peruri Code, Peruri Sign, dan Peruri Trust.

Peruri Code merupakan kode unik yang diproduksi sistem Peruri pada label sekuriti, dokumen dan atau media lainnya untuk menyimpan informasi publik dan privat di dalamnya.

Peruri Code memiliki peranan penting untuk penjaminan keaslian (authentication), kontrol distribusi (supply chain) dan penjaga brand image (brand protection) guna mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap suatu produk komersial.

Sedangkan Peruri Sign merupakan platform yang dimiliki Peruri untuk menjamin kerahasiaan data (confidentiality), melindungi integritas isi dokumen (data integrity), menjamin keaslian data (authentication) dan jaminan nirsangkal (non-repudiation) dari suatu dokumen elektronik sehingga dapat diketahui keabsahan dan keasliannya.

Adapun produk Peruri lainnya yaitu Peruri Trust merupakan platform untuk melakukan end-to-end monitoring pada proses produksi, distribusi hingga diterima konsumen sehingga dapat dipastikan barang tersebut tidak mengalami perubahan dan dijamin keasliannya.

Manfaat produk sekuriti Peruri Trust adalah mampu mengelola semua informasi dari suatu barang yang disimpan dan dikeluarkan hingga barang tersebut disahkan. Peruri Trust memiliki beberapa produk sekuriti, seperti track and trace, digital locker dan penjaminan online.

Baca juga: Peruri-BRI dan industri kreatif berkolaborasi amankan metadata
Baca juga: Peruri berhasil memenangkan proyek pencetakan uang kertas Peru

Pewarta : M Razi Rahman
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar