edukasi mengenai gizi dapat diterima anak-anak dengan menyenangkan
Jakarta (ANTARA) - Danone Indonesia bekerja sama dengan komunitas Ayo Dongeng Indonesia menghadirkan dongeng ABCD yang membahas tentang gizi di Jakarta dan sejumlah daerah dalam rangka menyambut Hari Dongeng Nasional.

"Kegiatan ini untuk membantu orang tua memberikan pemahaman mengenai gizi terhadap anak-anak. Dengan dongeng maka edukasi mengenai gizi dapat diterima anak-anak dengan menyenangkan," kata Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu.

Dongeng yang disampaikan melalui kanal YouTube "Nutrisi Bangsa ini" dapat diakses oleh orang tua bersama anak-anak dari manapun dan kapanpun berisikan materi yang mudah dan menyenangkan diterima anak-anak, jelas Arif.

Arif juga mengatakan materi yang disampaikan mengenai gizi seimbang, kebersihan tubuh, pentingnya aktivitas fisik, keamanan pangan, hingga hidrasi melibatkan relawan dari karyawan internal perusahaan.

"Kegiatan ini bukan pertama kali dilaksanakan. Pada tahun 2015 bekerja sama dengan komunitas Ayo Dongeng Indonesia juga pernah menghibur dan mengedukasi anak-anak di Jakarta, Banda (Maluku), Banda Aceh, dan Lombok," kata Arif.

Baca juga: Ratusan siswa dengarkan cerita sambil naik kereta

Ariyo Zidni, pendiri komunitas Ayo Dongeng Indonesia serta pengarang cerita dongeng ABCD menyatakan, bagi anak, dongeng adalah sebuah kegiatan menyenangkan yang dapat mendorong kemampuan mereka berimajinasi dan belajar.

"Selama berkegiatan di rumah, anak pasti juga mengalami rasa bosan dan mencari hiburan di sekitarnya. Dongeng ini dapat membantu orang tua mengisi waktu anak-anak dengan sesuatu yang menyenangkan dan edukatif. Sehingga, anak bisa tumbuh dan berkembang dengan bahagia di rumah," ujarnya.

Rangkaian dongeng dibuat khusus untuk dinikmati anak-anak yang duduk di bangku PAUD hingga SD. Visualisasi karakter yang unik serta cerita yang menarik diharapkan dapat membuat anak-anak belajar dengan cara yang tidak memberatkan.

Selain itu, dongeng yang tersedia di kanal digital ini juga dapat menjadi alternatif bagi orang tua yang sedang mencari konten hiburan yang edukatif bagi anak-anak.

Tahun ini, dongeng tentang gizi ini terdiri dari lima cerita kesehatan dan nutrisi; yaitu “Kenalan dengan Isi Piringku” (edukasi gizi seimbang Isi Piringku), “Cuci Dulu Dong!” (edukasi kebersihan tubuh dan tangan), “Ayo Gerak!” (edukasi pentingnya aktivitas fisik), “Makanan Sehat, Harus Aman!” (edukasi pangan yang aman), dan “Yuk Minum!” (edukasi pentingnya hidrasi sehat).

Baca juga: BPJS-TK luncurkan buku dongeng sosialisasikan Jaminan Sosial

Selain memberikan edukasi melalui dongeng digital kepada anak-anak, ABCD juga diikuti oleh kegiatan sosial yang akan diselenggarakan pada Desember 2020.

Bekerjasama dengan Foodbank of Indonesia, ABCD akan membagikan makanan dan minuman sehat serta memberikan edukasi gizi seimbang kepada sekitar 100 anak-anak PAUD Pemulung di Manggarai, Jakarta Pusat.

“Walaupun penuh tantangan, dengan kegiatan yang membahagiakan berkegiatan di rumah bisa menjadi pengalaman positif bagi anak. Karena dari rumah, kebiasaan baik anak yang akan dibawa hingga dewasa sudah mulai terbentuk. Kami berharap rangkaian dongeng ABCD ini dapat membentuk kebiasaan anak untuk makan dan minum yang sehat serta menjaga kesehatan dirinya,” tutup Arif.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020