Kepulauan Meranti (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, menyatakan beasiswa bagi 845 orang mahasiswa kurang mampu dan berprestasi di daerah itu akan cair pada 7 Desember 2020.

Rencana pencairan beasiswa yang bersumber dari dana hibah pendidikan pemerintah kabupaten itu disampaikan Kabag Humas Protokol Setda Kepulauan Meranti Rudi MH di Selatpanjang, Senin.

Beasiswa tersebut tertuang dalam Surat Pengumuman Bagian Kesra Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti tentang Penetapan Hasil Verifikasi Penyediaan Bantuan Pendidikan untuk Mahasiswa Program Studi Diploma III, Strata I dan Strata II Tahun Anggaran 2020, katanya.

"Semoga dapat meringankan beban orang tua/wali di tengah pandemi COVID-19," kata Rudi.

Sesuai dengan instruksi Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi, beasiswa ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia daerah sekaligus membantu para mahasiswa dan mahasiswi Meranti yang kurang mampu dan berprestasi.  

Surat Keputusan Bupati Kepulauan Meranti Nomor: 402.1/HK/KPTS/ X1I/2020 menyebutkan sebanyak 845 dari 847 orang pemohon ditetapkan sebagai penerima beasiswa.   

Nama-nama penerima bantuan biaya pendidikan yang dinyatakan lulus seleksi dapat dilihat pada laman resmi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti di www.merantikab.go.id.

Bantuan biaya pendidikan dengan besaran Rp1 juta bagi mahasiswa D-III, Rp1,2 juta bagi mahasiswa S1 dan Rp1,5 juta bagi mahasiswa S2 itu akan dikirim ke rekening para penerima oleh Bank Riau-Kepri, katanya.

"Dana tersebut adalah jumlah maksimal yang dapat diberikan Pemkab Kepulauan Meranti mengingat APBD kita tahun ini lebih kecil dari tahun lalu. Selain itu, ada 'refocusing' anggaran untuk penanganan COVID-19," katanya.

Meski demikian, Rudi berharap dana beasiswa yang akan diterima pada 7 Desember 2020 itu dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan.

"Kita berharap mahasiswa menggunakan beasiswa itu sesuai dengan peruntukannya. Dengan begitu, peningkatan kualitas SDM yang menjadi target pemerintah daerah dapat tercapai," katanya.

Baca juga: Sambut HUT ke-35, Indonesia Re berikan beasiswa dan santunan kepada anak yatim
Baca juga: Pemprov Kaltara buka pendaftaran Beasiswa Cerdas 2020

 

Pewarta: Rahmat Santoso
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2020