Anak wartawan Bali terima Gawai Pendidikan HUT Ke-83 LKBN ANTARA

id ANTARA Bali,info Antara Bali,LKBN ANTARA,LKBN ANTARA Bali,HUT Antara,gawai pendidikan,pelajar bali,wartawan bali,info BUMN

Anak wartawan Bali terima Gawai Pendidikan HUT Ke-83 LKBN ANTARA

Pelajar SMPN 2 Denpasar yang memiliki prestasi di bidang tari hingga mancanegara, I Made Manipuspaka (14/tengah), menerima Gawai Pendidikan Daring dalam rangka HUT Ke-83 LKBN ANTARA yang diserahkan Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub (kiri) di Kantor Biro LKBN ANTARA Bali, Jalan Mataram 1, Banjar Lumintang, Kota Denpasar, Selasa (1/12/2020). (Foto Antara News Bali/adt/2020)

Denpasar (ANTARA) - Pelajar SMPN 2 Denpasar yang memiliki prestasi di bidang tari hingga mancanegara, I Made Manipuspaka (14), menerima Gawai Pendidikan Daring dalam rangka HUT Ke-83 LKBN ANTARA di Kantor Biro LKBN ANTARA Bali, Kota Denpasar, Selasa.

Saat menerima HP tablet dari Kepala LKBN ANTARA Biro Bali Edy M Ya'kub, mewakili Manajemen LKBN ANTARA Pusat itu, Manipuspaka yang kelahiran Denpasar pada 18 Juli 2006 itu didampingi ayahnya I Nyoman Budarsana S.Sn.,M.IKom, yang merupakan wartawan "Bali Travelnews", dari Grup Bali Post.

"Terima kasih kepada ANTARA yang memberi apresiasi kepada anak saya, semoga pemberian ANTARA ini memberi motivasi anak saya untuk lebih bersemangat dalam pendidikan dan kesenian, khususnya tari dan tabuh. Semoga ANTARA semakin berkembang di era digital saat ini," ujar I Nyoman Budarsana, wartawan yang juga seniman itu.

Senada dengan itu, Manipuspaka juga mengucapkan terima kasih kepada Kantor Berita ANTARA atas "kado" yang diberikan kepadanya. "Terima kasih dan selamat ulang tahun ke-83, semoga ANTARA semakin sukses. Pemberian ini sangat bermanfaat bagi saya dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini," kata pelajar asal Banjar Untal-untal, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali, itu.

Anak bungsu dari dua bersaudara itu memiliki prestasi mancanegara sejak menapak dari sejumlah sanggar, di antaranya Sanggar Buratwangi (2014-sekarang), Sanggar Maha Bajra Sandi (2011-sekarang), Sanggar Restu Kumara Lambing Abiansemal Badung (2014–sekarang) dan Sanggar Seni Kembang Bali Desa Tunjuk (2014–sekarang).

Setelah itu, ia bergabung dengan sejumlah komunitas Komunitas Bumi Bajra (2016–sekarang), Komunitas Jalan Air (2017– sekarang), Sekaa Gong Dwi Semara Gita SMPN2 Denpasar (2018–sekarang), Teater Lingkar SMPN 2 Denpasar (2019–sekarang). "Anak saya memang berangkat dari lingkungan seni sejak kecil, terutama tari dan tabuhan," kata Budarsana.

Manipuspaka yang berbakat dalam seni tari itu juga memiliki pengalaman berkesenian di tingkat internasional, yakni Kolaborasi Suling Bali dan Lagu Kristiani di Seoul, Korea Selatan (2017), pemain teater "Tari The Seen and Unseen" bertajuk Pesta Rakyat di Esplanade Singapura (2019), dan Februari 2020 sempat mengikuti atraksi seni di Australia.

Pelajar asal Banjar Untal-untal, Desa Dalung, Kuta Utara, Kabupaten Badung, itu juga pernah meraih Juara Harapan Lomba Gender Wayang PKB ke-38 Duta Kabupaten Tabanan (Sanggar Buratwangi/2016), Juara Harapan Lomba Bleganjur PKB XL Duta Kabupaten Tabanan (Pucil Makembang/2018), Artis/Penampil Ruang Kreatif Seni Pertunjukan "Gen" Djarum Foundation Garin Nugroho, Jakarta (2018), Juara Harapan II Lomba Baleganjur Kelompok Anak-anak Festival Seni Budaya Kabupaten Badung (Dwi Semara Gita/2018), dan Bintang Iklan "Karangasem Sprit of Bali" oleh Kemenpar RI (2019).

Dalam kesempatan itu, Kepala LKBN ANTARA Biro Bali Edy M Ya'kub menyampaikan Gawai Pendidikan untuk anak wartawan non-ANTARA itu diberikan Manajemen LKBN ANTARA Pusat dalam rangkaian HUT Ke-83 ANTARA yang puncaknya diperingati pada 13 Desember 2020 itu.

"Kami diminta ANTARA Pusat untuk menyampaikan kepada anak wartawan non-ANTARA di Bali yang memiliki prestasi dalam bidang akademik atau non-akademik, terutama pelajar yang terdampak COVID-19 karena kesulitan gawai dalam pembelajaran online/daring," katanya.

Sebelumnya, LKBN ANTARA Pusat juga melaksanakan kegiatan sosial, berupa rapid test untuk awak media yang selama ini menjadi mitra ANTARA Pusat. "Untuk HUT ANTARA di Bali, kami menyelenggarakan pameran foto tentang COVID-19 bertema 'Grubug Ageng' bekerja sama dengan Pemkot Denpasar di Gedung DNA Denpasar pada 3 Oktober - 31 Desember 2020," katanya.

Selain itu, ANTARA Bali juga mengadakan Workshop Jurnalistik tentang Penulisan, Fotografi, dan Hoaks di Gedung DNA Denpasar pada 12 Desember 2020, yang juga dirangkai dengan peluncuran buku "Suara Milenial untuk Bali" yang merupakan hasil Lomba Esai "Piala Gubernur Bali 2019" bekerja sama dengan Pemprov Bali.

"Kami menutup peringatan HUT Ke-83 ANTARA di Bali dengan Simakrama Internal bersama karyawan dan pensiunan di Kantor Biro ANTARA Bali, sekaligus menyerahkan 'Tjatranata Award' kepada pensiunan LKBN ANTARA Bali yang berjasa memajukan kantor berita ANTARA yang ada di Bali sejak tahun 1945 hingga kini," katanya.

Pewarta : Naufal Fikri Yusuf/Pande Yudha
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar