Jakarta (ANTARA) - Mazda Motor Corporation sepakat untuk mengambil alih semua saham Sumitomo Corporation di Mazda de Mexico Vehicle Operation (MMVO), perusahaan yang mengelola produksi kendaraan Mazda di Meksiko yang didirikan oleh kedua perusahaan melalui kemitraan.

"MMVO akan menjadi basis produksi yang dimiliki 100 persen oleh Mazda pada akhir tahun fiskal yang berakhir pada Maret 2021," kata Mazda dalam pernyataannya, dikutip Rabu.

MMVO didirikan bersama sebagai perusahaan kerja sama antara Mazda dan Sumitomo pada September 2011 yang memanfaatkan kekuatan kedua perusahaan. Menerima dukungan dari kedua belah pihak serta komunitas lokal, MMVO telah berupaya untuk mewujudkan produksi mobil Mazda yang fleksibel dan berkualitas tinggi sambil juga mempromosikan lokalisasi dan pengembangan personel.

Lebih dari sembilan tahun sejak berdirinya, MMVO menjadi salah satu fasilitas produksi utama Mazda dengan lokalisasinya diperkuat berkat pengalaman dan pengetahuan Sumitomo serta volume produksi kumulatifnya yang mencapai 1 juta unit.

Sebagaimana telah disepakati, pada tahun ke-10 sejak MMVO berdiri, Mazda akan menjadi Pemilik tunggal MMVO sebagai hasil diskusi antara Mazda dan Sumitomo mengenai rencana masa depan dan manajemen MMVO.

Di masa depan, Mazda dan Sumitomo akan terus bekerja sama sebagai mitra bisnis penting di berbagai wilayah bisnis dan luar Jepang. MMVO akan terus memberikan kontribusi bagi perekonomian lokal serta pengembangan lebih lanjut industri otomotif di dalam negeri.

Baca juga: Mazda rugi 93 miliar yen dalam enam bulan
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020