Kadin Jatim gandeng IT Telkom kerja sama pengembangan SDM

id Kadin Kerja Sama dengan Telkom, Kadin Jatim, IT Telkom Surabaya,Telkom

Kadin Jatim gandeng IT Telkom kerja sama pengembangan SDM

Ketua Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto (kanan) dalam penandatanganan kerja sama dengan IT Telkom di Surabaya, Rabu (2/12/2020). ANTARA/HO-Kadin Jatim.

Surabaya (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur menggandeng Institut Teknologi (IT) Telkom Surabaya dalam kerja sama pengembangan sumber daya manusia (SDM) Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto di Surabaya, Rabu, mengatakan kerja sama terdiri dari pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta bidang lainnya yang telah disepakati.

"Sejauh ini Kadin Jatim terus melakukan berbagai upaya taktis demi terwujudnya SDM Jatim yang unggul dan maju, seperti yang menjadi cita-cita Presiden Indonesia, Joko Widodo. Di antaranya dengan memperluas jaringan kerja sama dengan sejumlah lembaga perguruan tinggi di wilayah Jatim," katanya.

Adik menjelaskan kerja sama ini sejalan dengan program prioritas Kadin Jatim pada tahun 2021, yakni meningkatkan SDM, karena selama ini dunia industri merasa ada banyak lulusan SMK ataupun PT yang belum siap bekerja.

"Sehingga ketika mereka masuk dunia kerja, industri masih memerlukan percobaan sekitar tiga bulan. Dan di masa itu, pengusaha tetap harus mengeluarkan cost," kata Adik.

Adik mengatakan dengan kerja sama ini, Kadin akan mengajak dunia industri turut menjadi pelatih, sehingga ketika siswa melakukan magang di salah satu industri, industri tersebut telah memiliki kurikulumnya dan mampu mengarahkan serta mendidik mereka sesuai dengan keahlian mereka yang disesuaikan dengan kebutuhan industri.

"Kami juga telah bekerja sama dengan IHK Trier Jerman, salah satunya dalam hal melatih pelatih tempat kerja. Harapan saya dari teman Telkom nanti ada juga yang bisa menjadi pelatih tempat kerja," tuturnya.

Rektor IT Telkom Surabaya, Tri Arief Sardjono mengatakan kerja sama ini bisa memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, sebab Kadin dengan lembaga pendidikannya akan mampu membantu IT Telkom Surabaya untuk membekali mahasiswanya dengan sertifikasi profesi yang dibutuhkan, begitu juga sebaliknya.

"Kadin Jatim memiliki fasilitas yang mendukung peningkatan SDM seperti Kadin Institute dan IT Telkom memiliki program pemetaan mahasiswa yang memiliki kompetensi lebih dan bisa lulus cepat ini harus support dengan sertifikasi. Ada benang merah yang saling terkait," ujar Arief.

Sebelumnya, Kadin Jatim juga telah menjalin kerja sama dengan Universitas Negeri Surabaya tentang peningkatan SDM dan dengan Universitas Ciputra tentang pengembangan bisnis dan pariwisata.

Selain itu Kadin Jatim juga menjalin kerja sama dengan Universitas Brawijaya Malang, Poltek Universitas Negeri Malang dan UPN dalam hal pengembangan teknologi pertanian dan lainnya.

Baca juga: Kadin Jatim lanjutkan pameran produk Indonesia hingga akhir Desember
Baca juga: Kadin Jatim dorong UMKM garap peluang pasar Afrika
Baca juga: Kadin: Serapan stimulus pajak di Jatim rendah

Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar