TNI bersama warga Amungme-Kamoro di Mimika gelar acara 'bakar batu'

id TNI-Warga Mimika bakar batu,bakar batu

TNI bersama warga Amungme-Kamoro di Mimika gelar acara 'bakar batu'

Komandan Satgas Pengamanan Obvitnas yang juga Inspektur Kogabwilhan III Brigjen TNI Stefanus Mahuri menyerahkan batuan ternak babi dari Panglima TNI kepada salah satu Kepala Suku Kamoro di Mimika. ANTARA/Evarianus Supar.

Timika (ANTARA) - Menyambut hari raya Natal, jajaran TNI bersama warga Suku Amungme dan Kamoro di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua menggelar acara 'bakar batu' di Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Jalan Poros SP5 Timika, Rabu.

Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prastya, di Timika, Rabu, mengatakan untuk kegiatan 'bakar batu' itu disediakan sedikitnya 35 ekor ternak babi, yaitu 20 ekor ternak babi bantuan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, 10 ekor bantuan dari Pemkab Mimika, dan lima ekor bantuan dari Danrem 174 Anim Ti Waninggap/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko.

"Kegiatan bakar batu ini merupakan perintah dari Bapak Panglima TNI. Ada lima kabupaten di Provinsi Papua yang melaksanakannya, salah satunya di Mimika. Kami mengundang masyarakat Suku Amungme dan Kamoro untuk terlibat dalam kegiatan ini, sehingga semua warga, baik dari pesisir pantai maupun pegunungan ikut ambil bagian," kata Letkol Yoga.

Selain kegiatan 'bakar batu' yang dilakukan oleh warga Suku Amungme, warga Suku Kamoro yang hidup di wilayah pesisir Mimika juga menggelar kegiatan bakar sagu, ikan dan lainnya.

"Dengan memegang teguh tradisi dan kearifan lokal, kita mengawali bulan penuh kasih selama Desember ini melalui acara bakar batu, sehingga diharapkan sampai memasuki tahun baru nanti semua bisa berjalan lancar, aman tanpa ada gangguan apapun," ujar Letkol Yoga.
Warga Suku Amungme dan Kamoro di Kabupaten Mimika bersama TNI menggelar acara 'bakar batu', Rabu (2/12/2020). (ANTARA/Evarianus Supar)

Komandan Satgas Pengamanan Obvitnas yang juga Inspektur Kogabwilhan III Brigjen TNI Stefanus Mahuri dalam sambutannya menyampaikan bahwa prosesi 'bakar batu' tersebut sebagai rasa kebersamaan dan kekeluargaan mengawali bulan Desember 2020 yang dimaknai sebagai bulan kasih.

Prosesi 'bakar batu' tersebut, katanya, merupakan gerbang menyongsong hari raya Natal, sebagai perayaan mengenang kelahiran Yesus Kristus.

"Bakar batu dan perayaan Natal setiap tahun memiliki makna yang luar biasa dan memiliki relasi yang begitu dekat berupa pesan suka cita, damai pengharapan dan keselamatan," ujarnya.

Kegiatan 'bakar batu' di wilayah Mimika dihadiri oleh Komandan Korem 174 Anim Ti Waninggap/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko, Asops Kaskogabwilhan III Brigjen TNI Suswatyo, dan jajaran pimpinan TNI-Polri di wilayah Mimika.
Baca juga: Warga Kiliarma Mimika dan personel TNI AD gelar tradisi bakar batu
Baca juga: Cegah COVID-19, Tolikara larang warga lakukan acara Bakar Batu

Pewarta : Evarianus Supar
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar