Dongxiang, Jiangxi (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Tiga orang tewas di Provinsi Jiangxi, China timur, ketika satu kereta penumpang tergelincir setelah dilanda tanah longsor saat fajar Ahad, demikian keterangan perusahaan kereta.

Kereta tersebut, yang sedang dalam perjalanan menuju kota pelancongan Guilin di Wilayah Otonomi Guangxi Zhuang, China selatan, dari Shanghai, tergelincir sekitar pukul 02:10 waktu setempat di Kabupaten Dongxiang, kota Fuzhou di Jiangxi, kata Kementerian Perkeretaapian dalam satu siaran pers.

Sedikitnya 10 penumpang cedera.

Wartawan Xinhua yang bergegas ke tempat kecelakaan melihat lokomotif, serta delapan dari 17 gerbong kereta itu --dengan kode K859-- tergelincir dan sebagian bahkan terbalik di daerah pegunungan di Jiangxi. Satu gerbong terpelincir dan menimpa gerbong lain.

"Masing-masing gerbong memiliki 118 kursi. Belum diketahui berapa jumlah penumpang di kereta tersebut," kata seorang petugas polisi yang bermarga Luo, yang berasal dari Biro Jawatan Kereta di Nanchang, ibu kota Provinsi Jiangxi.

Ia mengatakan biro itu telah menelepon empat ahli medisnya agar pergi ke lokasi kecelakaan untuk membantu mengidentifikasi korban tewas.

"Kami khawatir jumlah korban jiwa akan segera bertambah, karena empat gerbong yang tergelincir rusak parah dalam kecelakaan itu," katanya.

Wartawan Xinhua melihat petugas pertolongan dengan menggunakan alat pemotong membuat pintu masuk guna memasuki salah satu gerbong yang tergelincir. Satu lokomotif telah tiba untuk membantu menarik gerbong tersebut.

Seorang petugas pertolongan yang bermarga Yu mengatakan ratusan polisi yang bersenjata, petugas pemadam dan tentara berusaha menyelamatkan mereka yang masih terperangkap di dalam kereta.

Lebih dari selusin ambulans diparkir di sepanjang rel itu.

Beberapa petugas pertolongan mengatakan sedikitnya 20 penumpang yang cedera diselamatkan. Empat di antara mereka yang menderita luka parah segera dibawa ke rumah sakit.

Kereta di stasiun Shanghai-Kunming dihentikan setelah kecelakaan tersebut.

Menteri Perkeretaapian Liu Zhijun telah memerintahkan upaya sekuat tenaga untuk menyelamatkan jiwa, memulihkan angkutan kereta dan melancarkan penyelidikan menyeluruh mengenai penyebab kecelakaan itu.

Sementara itu Gubernur Jiangxi Wu Xinxiong tiba di Dongxiang, Ahad dinihari, untuk memimpin operasi pertolongan.

Sebagian besar wilayah Jiangxi, bersama dengan provinsi lain yang bertetangga, diguyur hujan lebat dalam beberapa hari belakangan. Tanaman rusak, kota kecil dan desa di daerah rendah tergenang banjir, dan sedikitnya empat bendungan dipaksa mengalirkan air yang meningkat dengan cepat.

Pemerintah setempat menyatakan sebanyak 1,46 juta warga terpengaruh, dan 44.600 diungsikan dari daerah berbahaya.

Di beberapa bagian China selatan, hujan badai sejak awal Mei telah memicu banjir dan aliran batu serta lumpur, air sungai meluap, tanggul jebol, bendungan terancam dan pembangkit listrik, jembatan serta jalan raya terancam.

(T.C003/A011/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010