Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah di Indonesia pada 6 Desember 2020, meski secara umum cuaca diperkirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Berdasarkan data keluaran model numerik cuaca BMKG, Jakarta, Minggu, potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di sebagian wiilayah Aceh, Sumatera Utara dan Lampung.

Namun demikian, secara umum cuaca di Pulau Sumatera diperkirakan akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Baca juga: Waspadai potensi peningkatan curah hujan sepekan mendatang

Demikian juga dengan prediksi cuaca BMKG di Pulau Jawa yang secara umum diperkirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan, meski sebagian lainnya seperti Banten, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) diperkirakan berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Selanjutnya, Pulau Kalimantan juga secara umum diprediksi akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. Tetapi sebagian Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) berpotensi hujan sedang.

Baca juga: BMKG ingatkan potensi hujan lebat di sebagian wilayah Jatim

Berikutnya, potensi hujan sedang hingga lebat di Pulau Sulawesi diprediksi akan terjadi di sebagian Sulawesi Tengah (Sulteng) bagian selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Meski demikian, secara umum cuaca di pulau itu juga diperkirakan akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Baca juga: Hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sejumlah daerah

Berikutnya, di Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) cuaca secara umum juga diprediksi akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan, meski sebagian lain wilayah-wilayah tersebut berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Sementara itu, di Maluku dan Papua, potensi hujan sedang hingga lebat diperkirakan akan terjadi di sebagian Papua dan Papua Barat, meski secara umum cuaca di wilayah-wilayah tersebut diprediksi akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Baca juga: Sumatera Selatan siaga hadapi potensi bencana alam selama musim hujan

Pewarta: Katriana
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2020