Jadi pada waktu istirahat tetap harus jaga jarak,
Jakarta (ANTARA) - Pakar kesehatan masyarakat Prof dr Hasbullah Thabrany mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan prinsip-prinsip dasar protokol kesehatan yaitu 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) saat berolahraga di tempat umum guna mencegah penularan wabah COVID-19.

"Jadi saya kira prinsip-prinsip dasar protokol kesehatan saja yang perlu dipertahankan," kata dia yang dihubungi di Jakarta, Minggu.

Hasbullah mengatakan bahwa masyarakat tetap dapat berolahraga di tempat-tempat umum meski di tengah pandemi. Namun demikian, mereka tetap harus memakai masker dan menjaga jarak dengan orang lain minimal dua meter atau lebih.

Ia menyebutkan bahwa kebiasaan umum yang paling sering terjadi saat orang berolahraga adalah mereka berbincang-bincang dengan teman saat beristirahat untuk minum.

Baca juga: Dokter paru: Hindari kerumunan agar tetap aman saat berolahraga
Baca juga: Dokter : Rutin latihan fisik 30 Menit turunkan risiko terkena COVID-19


"Di situ sering kita tergoda, buka masker karena kita minum, terus kita ngomong. Nah, itu berbahaya. Jadi pada waktu istirahat tetap harus jaga jarak," kata Hasbullah.

Ia menjelaskan bahwa masyarakat tetap dapat memilih masker yang nyaman ketika dipakai untuk olahraga sehingga mereka tidak merasa sesak saat bernapas.

Namun demikian, ia tetap mengimbau untuk selalu menjaga jarak minimal dua meter, baik saat berolahraga maupun ketika beristirahat dan berbincang-bincang dengan teman.

Sementara itu, saat seseorang hendak menggunakan peralatan olahraga di pusat-pusat kebugaran, ia menyarankan agar sebelumnya orang itu menyemprot dengan cairan penyanitasi, kemudian mengeringkan serta mengelap peralatan sebelum akhirnya alat itu dapat digunakan dengan aman.

"Supaya kalau ada virus dari bekas tangan orang lain yang sebelumnya pernah menggunakan. Virus-virus itu telah dibunuh oleh sanitizer," demikian kata Prof. dr. Hasbullah Thabrany.


#satgascovid19
#ingatpesanibupakaimasker


Baca juga: Pentingnya aktivitas fisik selama pandemi
Baca juga: Benarkah pakai masker selama berolahraga bisa ganggu fungsi paru?

Pewarta: Katriana
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2020