penyaluran tidak terkendala dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Kepulauan Meranti (ANTARA) - Sebanyak 31 desa di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau memperoleh penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi berkat pengelolaan Dana Desa yang baik, khususnya penyaluran Bantuan Langsung Tunai untuk mengantisipasi dampak COVID-19.

Penghargaan itu diserahkan Bupati Kepulauan Meranti Irwan langsung kepada kepala desa yang wilayahnya mendapat penghargaan di Aula Afifa Pemkab Kepulauan Meranti, Selatpanjang, Senin.

Dari data Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Kepulauan Meranti, saat ini penyaluran BLT oleh desa sudah memasuki bulan kesembilan dengan total dana yang disalurkan lebih dari Rp29 miliar.

Berdasarkan evaluasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kabupaten Kepulauan Meranti telah berhasil melakukan penyaluran Dana Desa dengan tepat waktu.

Pihak kementerian menilai Dana Desa di Kepulauan Meranti sudah berhasil dikelola dengan baik dan disiplin serta tertib administrasi.

Irwan mengucapkan apresiasi kepada pihak kecamatan, desa, dan dinas terkait atas keberhasilan dalam mengelola Dana Desa dan menyusun laporan administrasi sesuai dengan kaidah yang ditetapkan, sehingga penyaluran BLT oleh desa dapat dilakukan secara tepat waktu.

"Pihak kecamatan dan desa telah berhasil mengelola Dana Desa dengan baik dan disiplin serta tertib administrasi sehingga penyaluran tidak terkendala dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Meranti," katanya.

Dia menjelaskan penghargaan itu tak terlepas dari dukungan forkopimda dalam hal ini Polres dan Kejaksaan Negeri Kepulauan Meranti, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kepulauan Meranti.

"Terima kasih juga kami ucapkan kepada pihak terkait yang selalu mendukung Pemkab Meranti dalam upaya mengantisipasi dampak COVID-19," katanya.

Baca juga: Mendes PDTT: BLT dan PKTD dorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi
Baca juga: Tim Sapa Desa Kemendes bangun kesadaran warga atas bahaya COVID-19
Baca juga: Kemendes PDTT telah uji coba Sistem Informasi Desa di empat desa

Pewarta: Rahmat Santoso
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020