KPU Yalimo distribusi logistik dengan pesawat dan helikopter

id kpu yalimo,pilkada 2020,distribusi logistik,pesawat helikopter

KPU Yalimo distribusi logistik dengan pesawat dan helikopter

KPU Yalimo saat mendistribusikan logistik pemilu presiden beberapa tahun lalu dengan menggunakan helikopter dari Bandara Wamena. (ANTARA/Marius Frisson Yewun)

Wamena (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua mendistribusikan logistik pemilihan bupati dan wakil bupati setempat dengan menggunakan pesawat dan helikopter.

Ketua KPU Yalimo Yehemia Walianggen ketika dihubungi dari Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Selasa, mengatakan seluruh logistik untuk pilkada 9 Desember sudah sampai di distrik-distrik.

Baca juga: MPR imbau kontestan pilkada tidak gunakan politik uang
Baca juga: KPU Sleman distribusikan logistik Pilkada dengan prokes ketat


"Pendistribusian sudah mulai tanggal 5 Desember. Kita dahulukan distrik-distrik yang jauh seperti Welarek, Apalapsili dan Benawa dengan menggunakan pesawat. Khusus untuk Benawa kita gunakan helikopter," katanya

Yehemia mengatakan beberapa kampung di beberapa distrik memang harus didistribusikan dengan helikopter karena tidak adanya lapangan terbang bagi pesawat dan jarak kampung itu cukup jauh dengan kantor distrik, tempat ditampungnya logistik.

"Jumlah kampung cukup banyak, kemungkinan helikopternya bisa enam sampai delapan kali penerbangan," katanya.

Dari lima distrik di Yalimo, dua distrik bisa ditempuh dengan jalan darat dan pendistribusian sudah dilakukan juga.

"Pendistribusian logistik dari Wamena (Kabupaten Jayawijaya) karena kita belum memiliki gudang logistik di Elelim (Kabupaten Yalimo) dan itu sudah kami koordinasikan dengan bawaslu, pasangan calon dan tim sukses," katanya.

Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Distrik Abenaho adalah 109, Distrik Apalapsili 52 TPS, Distrik Elelim 49 TPS, Dinstrik Benawa 41 TPS dan Distrik Welarek 76 TPS.

"Untuk logistik yang lewat jalan darat dari Wamena ada dua aparat kepolisian yang ikut, begitu juga dengan distrik yang menggunakan pesawat," katanya.

Baca juga: KPU Yalimo terus sosialisasikan protokol kesehatan selama pilkada
Baca juga: KPU Yalimo tetapkan dua pasangan calon pilkada

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar