Dengan adanya program ini KAI berharap tidak membebani pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menyalurkan dana Rp27 miliar untuk program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di tahun 2020.

"KAI secara berkelanjutan menjalankan program CSR untuk memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat,” ujar Direktur Utama KAI (Persero) Didiek Hartantyo dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Program CSR itu, lanjut dia, disalurkan dalam bentuk Bina Lingkungan, Program Kemitraan, dan Community Relations.

Baca juga: KAI Madiun operasikan empat KA saat libur Natal dan Tahun Baru

Pada 2020  KAI sudah melakukan lebih dari 300 kegiatan Bina Lingkungan dan untuk Program Kemitraansejak Januari - November 2020 KAI telah menyalurkan bantuan kepada 2.443 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tersebar di berbagai wilayah.

"Pada masa pandemi COVID-19 KAI melibatkan UMKM mitra binaan dengan memesan masker dan baju APD cover all dari mitra binaan yang selanjutnya kami serahkan ke pihak terkait untuk didistribusikan kepada masyarakat dan sejumlah rumah sakit yang membutuhkan," kata Didiek.

Baca juga: KAI operasikan KA Argo Cheribon selama bulan Desember

Adapun Program Community Relations di antaranya adalah memberikan bantuan dalam rangka sosialisasi keamanan perjalanan kereta api.

Pada 2021, lanjut dia, KAI mendukung Program Sustainable Development Goals (SDG's) dan akan melakukan pengelolaan sampah dengan pilot project di Stasiun Bandung.

"Dengan adanya program ini KAI berharap tidak membebani pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah," kata Didiek.

Baca juga: SMI suntik investasi Rp3,5 triliun untuk operasional KAI

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020