Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menjanjikan pekerjaan fisik perbaikan venue Piala Dunia U-20 bakal kelar pada Maret 2021 atau sesuai dengan target yang diberikan federasi internasional sepak bola (FIFA).

Herman Deru di Palembang, Selasa, mengatakan, dirinya sangat optimistis target tersebut akan tercapai karena progres sudah mencapai 90 persen untuk Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan 70 persen untuk empat lapangan latihan.

“Sejauh ini progres sesuai dengan harapan, dan Maret itu tidak ada lagi pekerjaan. Insya Allah selesai, karena ada hujan. Ini bagus untuk rumput,” kata Herman Deru setelah mendampingi Menpora Zainudin Amali dan Waketum PSSI Iwan Budianto meninjau Stadion Jakabaring di Kompleks Jakabaring Sport City.

Ia mengatakan Sumsel sebagai daerah yang dipercaya menggelar Piala Dunia U-20 ini memproyeksikan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring untuk menjadi stadion utama pertandingan.

Baca juga: Menpora: Perbaikan Stadion Jakabaring ditarget selesai Desember 2020

Kemudian menyediakan empat lapangan latihan, yakni menggunakan lapangan rumput di Stadion Atletik, Stadion Baseball, Stadion Panahan dan Stadion Madya Bumi Sriwijaya.

Keempat lapangan rumput ini mengalami perbaikan total, sehingga saat ini belum dilakukan penanaman rumput.

“Untuk lapangan latihan kami targetkan pada Februari sudah selesai,” kata Herman Deru.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah pusat tersebut karena kali ini tantangannya berbeda dibandingkan sebelumnya (Asian Games 2018) mengingat event ini skala dunia.

Baca juga: PSSI tinjau kesiapan venue Piala Dunia di Palembang

“Ini perhelatan dunia, kami butuh bimbingan agar progres pembangunan yang dilakukan sesuai dengan rencana pemerintah pusat,” kata Herman Deru.

Gubernur menjanjikan pekerjaan konstruksi akan selesai pada Maret sehingga daerahnya bisa fokus pada persiapan penyelenggaraan, seperti bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memuji persiapan Sumsel menjadi tuan rumah Piala Dunia.

“Secara umum persiapan Sumsel ini luar biasa, apalagi untuk daerah yang sudah berpengalaman di Asian Games. Tapi saya yakin ini tetap tantangan tersendiri karena level dunia, bagaimana membuat siapa saja yang datang tidak kecewa dan nyaman,” kata Zainudin.



Sebelumnya pada 15 September, Presiden Joko Widodo telah menetapkan Inpres Nomor 8 tahun 2020 dan Keppres Nomor 19 tahun 2020 tentang penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup tahun 2021.

Pertandingan akan berlangsung 20 Mei -12 Juni 2021 di enam stadion, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali.

Baca juga: Pemprov Sumsel alokasikan Rp56 miliar untuk Piala Dunia U-20


 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020